ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM KEPENGURUSAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN (Studi Kuantitatif Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut)

WIJAYA, BAMBANG ADI (2024) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM KEPENGURUSAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN (Studi Kuantitatif Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut). Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Pengesahan Tesis.pdf

Download (301kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Tesis.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (240kB)

Abstract

Bambang Adi Wijaya. 2009010007. Analisis Strategi Komunikasi Terhadap Peningkatan Kesadaran Masyarakat Dalam Kepengurusan Dokumen Kependudukan (Studi Kuantitaf pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut). Pembimbing: 1. Dr. Muzahid Akbar Hayat, M.Si 2. Prof. Dr. Hj. Rahmi Widyanti, M.Si. Undang - Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan merupakan penjabaran amanat Pasal 26 ayat (3) Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi kependudukan dengan terbangunnya database kependudukan secara nasional serta keabsahan dan kebenaran atas dokumen kependudukan yang diterbitkan. Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Laut telah melakukan berbagai upaya dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat baik melalui sosialisasi, public relation, dan media promosi baik berupa leaflet, x-banner, papan informasi dan lain lain terkait hal pengurusan dokumen kependudukan. Penelitian ini menganalisis Seberapa besar pengaruh sosialisasi, Public relation dan media promosi dalam meningkatkan kesadaran untuk mengurus dokumen kependudukan. Dengan menggunakan metode kuantitatif melalui uji statistik regresi linear berganda terhadap 200 orang responden dengan nilai signifikansi 5% didapati hasil bahwa koefisien beta pada variabel X1 (sosialisasi) adalah sebesar 0.297 (positif) nilai P-value sebesar 0.000 (lebih kecil daripada taraf signifikansi 0.05) yang artinya sosialisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran, sedangkan nilai koefisien beta pada variabel X2 (public relation) adalah sebesar 0.813 (positif) nilai P-value sebesar 0.000 (lebih kecil daripada taraf signifikansi 0.05) yang artinya Public relation berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran dan nilai koefisien beta pada variabel X3 (media promosi) adalah sebesar 0.011 (positif) nilai P-value sebesar 0.815 (lebih besar daripada taraf signifikansi 0.05) yang artinya media promosi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kesadaran. sedangkan hasil uji simultan berdasarkan uji F didapatkan nilai P-value sebesar 0,000 (dibawah taraf signifikansi 0.05) yang artinya seluruh variable bebas berpengaruh secara simultan terhadap variable terikat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: dokumen kependudukan, sosialisasi, public relation, media promosi, kesadaran
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 03 Apr 2024 04:03
Last Modified: 03 Apr 2024 04:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19937

Actions (login required)

View Item View Item