HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERAN ORANG TUA DENGAN KEBERSIHAN PERORANGAN (PERSONAL HYGIENE) PADA SISWA KELAS VII DAN VIII DI SMPN 2 MARTAPURA TIMUR TAHUN 2023

NURSYAHRIDA, KAMILA (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERAN ORANG TUA DENGAN KEBERSIHAN PERORANGAN (PERSONAL HYGIENE) PADA SISWA KELAS VII DAN VIII DI SMPN 2 MARTAPURA TIMUR TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
KEASLIAN PENELITIAN .pdf

Download (157kB)

Abstract

Personal hygiene merupakan kebersihan dan kesehatan seorang individu yang memiliki tujuan mencegah munculnya penyakit pada diri sendiri dan orang lain, baik secara fisik maupun psikologis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya seseorang untuk memenuhi salah satu kebutuhan dasarnya yaitu personal hygiene, yang nantinya dapat meminimalkan masuknya berbagai macam mikroorganisme yang ada dan pada akhirnya mencegah individu terserang penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hubungan Pengetahuan, Sikap dan Peran Orang Tua dengan Kebersihan Perorangan (Personal Hygiene) pada siswa kelas VII dan VIII di SMPN 2 Martapura Timur.Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang.Uji statistik menggunakan uji Chi-Square hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara Pengetahuan dengan Personal Hygiene diperoleh dengan nilai p (0,044 < 0,05) , terdapat hubungan antara Sikap dengan Personal Hygiene diperoleh dengan nilai p (0,003 < 0,05) , terdapat hubungan antara Peran Orang Tua dengan Personal Hygiene diperoleh dengan nilai p (0,028 < 0,05). Di sekolah perlu dilakukan upaya dalam pemberian informasi mengenai pentingnya Personal Hygiene perlu dioptimalkan guna memberikan pengetahuan yang luas bagi siswa/i. Dan diharapkan agar pihak instansi menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung terjaganya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat dengan menerapkan Personal Hygiene.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Peran Orang Tua, Personal Hygiene
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Depositing User: Kamila Nursyahrida
Date Deposited: 17 Feb 2024 03:47
Last Modified: 17 Feb 2024 03:47
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19945

Actions (login required)

View Item View Item