EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISTIQAMAH BANJARMASIN KEEFEKTIFAN

HOSIN, HOSIN (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ISTIQAMAH BANJARMASIN KEEFEKTIFAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK HOSIN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
pengesahan Hosin.pdf

Download (333kB)
[img] Text
pernyataan Hosin.pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik problem solving sebelum dan sesudah konseling serta menurunkan kecanduan game online siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Model yang digunakan adalah model pretest posttest control group design dengan subjek efektivitas konseling kelompok dengan teknik problem solving dan objek siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Banjarmasin yang kecanduan game online. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji prasayarat analisis, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas kemudian dilakukan analisis uji t dan N-gain Score. Berdasarkan dari hasil pembahasan dan analisis, terdapat 7 siswa kelas VI yang mengalami kecanduan game online dari 50 siswa yang bermain game dan total populasi 88 siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Banjarmasin. Dari hasil pretest didapatkan hasil 588 dengan rata-rata skor 80. Setelah mendapatkan treatment sebanyak 4 kali peserta didik dites kembali menggunakan instrument berupa angket dengan adanya penurunan hasil sebesar 343 dengan rata-rata/mean skor 49.Hasil uji paired samples test di atas menjelaskan bahwa nilai thitung sebesar -12.952 dengan derajat kebebasan (df) n-1= 7-1= 6, maka diperoleh untuk nilai ttabel sebesar 1,943. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Koseling Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Mengurangi Kecanduan Game Online pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Banjarmasin dengan nilai t sebesar -12.952 dengan signifikan 0,00 yang berarti 0,00< 0,05,terdapat perbedaan sebelum dan sesudah dari layanan konseling kelompok di Madrasah Ibtidaiyah Al-Istiqamah Banjarmasin, dengan keefektivitasan Konseling N-Gain persen sebesar 157% teknik problem solving, terbukti efektif dalam menurunkan kecanduan siswa dalam bermain game online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Problem Solving, Game Online
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Hosin
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:06
Last Modified: 21 Feb 2024 03:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19952

Actions (login required)

View Item View Item