HUBUNGAN KETERAMPILAN GERAK MOTORIK KASAR DAN KEBUGARAN TERHADAP BODY MASS INDEX (BMI) SISWA USIA 10 TAHUN (STUDI PADA SISWA SDN SUNGAI ANDAI 4 BANJARMASIN)

Budiana, Dwi Septiayu (2024) HUBUNGAN KETERAMPILAN GERAK MOTORIK KASAR DAN KEBUGARAN TERHADAP BODY MASS INDEX (BMI) SISWA USIA 10 TAHUN (STUDI PADA SISWA SDN SUNGAI ANDAI 4 BANJARMASIN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (583kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (123kB)

Abstract

Pentingnya kebugaran jasmani pada anak untuk menstabilkan kesehatan tubuh. Dengan adanya kesehatan yang stabil dan dibarengi dengan gerak aktivitas fisik maka terjadinya kestabilan berat badan atau IMT, artinya tidak mengalami kenaikan berat badan yang drastis dan juga tidak mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Hal ini juga didukung dengan keterampilan motorik kasar anak yang berkembang dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan keterampilan gerak motorik kasar dan kebugaran terhadap body mass index (bmi) siswa usia 10 tahun sekolah dasar banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif non eksperimental dengan desain penelitian korelasional yang mengkaji hubungan dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sekolah dasar banjarmasin yang berjumlah 52 peserta didik dari 3 kelas IV dan sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 30 peserta didik dan seorang laki-laki. Kesimpulan dalam penelitian ini memperoleh hasil yaitu Fhitung (3,983) > Ftabel (3,49) yang artinya memiliki hubungan yang signifikan antara keterampilan gerak motorik kasar (X1) dan kebugaran (X2) terhadap body mass index (bmi) (Y) siswa usia 10 tahun sekolah dasar banjarmasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: hubungan, keterampilan gerak motorik kasar, kebugaran, indeks massa tubuh
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Dwi Septiayu Budiana
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:58
Last Modified: 23 Feb 2024 02:58
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item View Item