PENGARUH EKSTRAK BAWANG PUTIH DAN SERAI TERHADAP KEBERADAAN NYAMUK AEDES AEGYPTI DI LABORATORIUM BALAI LITBANGKES TANAH BUMBU TAHUN 2023

Faishal, Muhammad (2024) PENGARUH EKSTRAK BAWANG PUTIH DAN SERAI TERHADAP KEBERADAAN NYAMUK AEDES AEGYPTI DI LABORATORIUM BALAI LITBANGKES TANAH BUMBU TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (312kB)
[img] Text
keaslian penelitian FAISAL.pdf

Download (284kB)
[img] Text
ARTIKEL FAISHAL.pdf

Download (117kB)

Abstract

Di Indonesia penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sampai saat ini masih menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat yang penyebarannya semakin luas. Masyarakat kerap menggunakan insektisida sintetis dalam mengendalikan populasi nyamuk aedes aegypti secara berlebihan dan tidak terkendali. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrak bawang putih dan serai terhadap keberadaan nyamuk aedes aegypti Jenis penelitian ini dengan metode true eksperimental design, data yang diukur adalah kelompok perlakuan 30 gram bawang putih yang di ekstraksi dan kelompok perlakuan 30 gram serai yang di ekstraksi, dan kelompok kontrol dengan tangan kiri sebagai kelompok kontrol ekstrak bawang putih dan tangan kanan sebagai kelompok kontrol ekstrak serai, dengan 3 kali pengulangan. Rancangan penelitian ini yaitu Posttest Only Control Group Design. Berdasarkan hasil pengujian pada tangan kanan yang telah diolesi ekstrak bawang putih dari percobaan I, II, dan III berjumlah 87 ekor. Kemudian dilanjutkan pengujian regresi linier didapatkan nilai Sig 0,003<0,05, kemudian hasil pengujian pada tangan kiri yang telah diolesi ekstrak serai dari percobaan I, II, dan III berjumlah 122 ekor. Kemudian dilanjutkan pengujian regresi linier didapatkan nilai Sig 0,002 <0,05. Disarankan agar masyarakat mulai memanfaatkan tanaman anti nyamuk yang mudah didapatkan disekitar, aman, ekonomis, dan serta ramah lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Bawang Putih; Ekstrak Serai; Repelan; Aedes Aegypti.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Muhammad Faishal
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:04
Last Modified: 12 Feb 2024 06:04
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19975

Actions (login required)

View Item View Item