HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LANDASAN ULIN KOTA BANJARBARU TAHUN 2023

Ariani, Anissa (2024) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LANDASAN ULIN KOTA BANJARBARU TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
File Abstrak..pdf

Download (96kB)
[img] Text
Pengesahan skripsi..pdf

Download (233kB)
[img] Text
keaslian penelitian..pdf

Download (384kB)

Abstract

Diare merupakan suatu keadaan pengeluaran tinja yang tidak normal atau tidak seperti biasanya, ditandai dengan peningkatan volume, keenceran, serta frekuensi buang air besar lebih dari 3 kali sehari. Penelitian ini ber- tujuan untuk Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dan Sanitasi Lingkungan dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja puskesmas landasan ulin tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif yang bersifat survei analitik dengan pendekatan cross sec- tional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki balita di wilayah kerja Puskesmas Landasan Ulin yang berjumlah 3.368, dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang menggunakan rumus Slovin. Uji statistic menggunakan uji chi square, hasil penelitian menun- jukkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kejadian diare pada balita p-value (0,077), tidak ada hubungan antara sanitasi ling- kungan dengan kejadian diare pada balita p-value (0,289), Diharapkan bagi Puskesmas Landasan Ulin khususnya untuk dapat meningkatkan sa- rana sanitasi lingkungan dan melakukan penyuluhan terhadap masyara- kat mengenai pentingnya pengadaan dan penggunaan sarana sanitasi lingkungan yang memenuhi syarat misalnya sumber air yang bersih, kepemilikan jamban, tempat pembuangan sampah, dan saluran pembu- angan air limbah (SPAL) serta dampaknya terhadap kesehatan seperti menyebabkan penyakit diare.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diare, Pengetahuan Ibu, Sanitasi Lingkungan,
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Depositing User: Anissa Ariani
Date Deposited: 17 Feb 2024 03:46
Last Modified: 17 Feb 2024 03:46
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19982

Actions (login required)

View Item View Item