EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS OMBUDSMAN DALAM UPAYA PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANJARMASIN

Rian S, Muhammad (2024) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TUGAS OMBUDSMAN DALAM UPAYA PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK DI KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK M.RIAN S.pdf

Download (96kB)
[img] Text
PENGESAHAN RIAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
PERNYATAAN RIAN.pdf

Download (211kB)

Abstract

Kebradaan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan memiliki tanggung jawab penting untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan baik oleh pemerintah pusat maupun daerah. Agar pelayanan publik dapat berjalan secara efisien dan efektif sesuai dengan prinsip- prinsip good governance. Penelitian Efektivitas Pelaksanaan Tugas Ombudsman Dalam Upaya Pengawasan Pelayanan Publik di Kota Banjarmasin menggunakan teori Efektivitas menurut William Dunn. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang didukung oleh sumber data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, serta dengan masyarakat yang pernah melaporkan kasus pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ombudsman Republik Indonesia untuk Kalimantan Selatan dalam upaya pengawasan pelayanan publik di Kota Banjarmasin, belum efektif. Permasalahan pertama adalah sumber daya manusia yang masih kurang, Jumlah anggaran yang belum memadai, dan kesadaran masyarakat yang masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti mendapatkan beberapa upaya Ombudsman dalam mengatasi hambatan yaitu dengan Pelatihan Bimbingan Teknis, Rekrutmen Pegawai, Pembuatan Aplikasi Penunjang Pekerjaan Asisten, Optimalisasi Anggaran, Sosialisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pelaksanaan Tugas Ombudsman Dalam Upaya Pengawasan Pelayanan Publik di Kota Banjarmasin
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:09
Last Modified: 07 Mar 2024 03:09
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20003

Actions (login required)

View Item View Item