RESPONSIVITAS OMBUDSMAN DALAM MELAYANI LAPORAN MASYARAKAT ATAS DUGAAN MALADMINISTRASI (STUDI PADA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN)

Rakhman, Pemaro bayuha (2024) RESPONSIVITAS OMBUDSMAN DALAM MELAYANI LAPORAN MASYARAKAT ATAS DUGAAN MALADMINISTRASI (STUDI PADA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK PEMARO BAYUHA RAKHMAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
PENGESAHAN PEMARO.pdf

Download (299kB)
[img] Text
PERNYATAAN PEMARO.pdf

Download (402kB)

Abstract

Responsivitas merupakan inisiatif dan tanggung jawab dari penyelenggara pelayanan publik dalam memahami dan memenuhi kebutuhan dari penerima pelayanan publik. Guna meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan menjadikannya dasar dalam program maupun kegiatan pelayanan publik, agar sesuai dengan apa yang menjadi harapan, keinginan, kebutuhan, dan tuntutan penerima layanan. Ombudsman menerima laporan maladministrasi yang masih tinggi pada tahun 2022 yang artinya pelayanan publik masih terdapat banyak masalah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana responsivitas Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan dalam menangani laporan maladministrasi. Data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif, dengan menghasilkan dan mengolah data yang sifatnya deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat responsivitas Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan dalam menangani laporan maladministrasi terkait kemampuan merespon, ketepatan melayani, kecermatan melayani dan merespon keluhan, sudah responsif. Namun untuk kategori pelayanan dengan cepat dan pelayanan dengan tepat waktu masih belum responsif. Adapun Faktor penghambat bagi Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan adalah masih minimnya anggaran untuk menunjang sarana dan prasarana, pegawai yang masih terbatas serta jangkauan yang luas menjangkau seluruh wilayah Kalimantan Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Responsivitas, Ombudsman, Maladministrasi, Pelayanan Publik.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:07
Last Modified: 28 Feb 2024 02:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20007

Actions (login required)

View Item View Item