APLIKASI MANAJEMEN PENGARSIPAN SURAT DAN PENDATAAN INVENTARIS PADA KELURAHAN ALALAK UTARA BANJARMASIN UTARA BERBASIS WEB

PRAMUDITA, BAYU (2024) APLIKASI MANAJEMEN PENGARSIPAN SURAT DAN PENDATAAN INVENTARIS PADA KELURAHAN ALALAK UTARA BANJARMASIN UTARA BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Lembar pengesahan pembimbing.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Abstrak (1)_removed.pdf

Download (88kB)

Abstract

Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara merupakan salah satu dari 52 Kelurahan yang ada di Kota Banjarmasin yang sekarang dijabat oleh lurah Eddy Nawahyuni,S.HUT karena menggantikan lurah yang sebelumnya yang sudah pensiun. Ada 6 jabatan yang ada di Kantor Kelurahan Alalak Utara terdapat 6 Pegawai Negeri Sipil dan 3 pegawai honorer yang berkerja dalam suatu instansi tersebut. Saat ini permasalahan yang ada di Kantor Kelurahan Alalak Utara adalah sistem pengolahan data tata cara kearsipan surat dan pendataan barang inventaris masih dilakukan secara manual . Pendataan yang dilakukan secara manual dengan cara seperti ini dapat mempersulit pekerjaan kantor karena hasilnya tidak efisien dan kurang akurat. Proses permintaan barang, perawatan barang, dan pemusnahan barang masih menggunakan surat pengajuan manual yang akan di serahkan ke kantor kecamatan dan menunggu verifikasi dari pihak kecamatan, sehingga memakan waktu yang cukup lama untuk menunggu hasil verifikasi dan berita acara yang akan di serahkan ke pihak kelurahan. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah aplikasi manajamen pengarsipan surat dan pendataan inventaris pada kelurahan Alalak Utara Banjarmasin dengan menggunakan metode waterfall dan perancangan interface, untuk pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Database MySQL. Adapun hasil akhir dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah dalam proses pengelolaan data surat dan barang inventaris. Pada aplikasi ini yang dapat dikembangkan yaitu menambahkan fitur berupa sms gateway atau email untuk penduduk agar ada pemberitahuan notifikasi pendaftaran berhasil, surat sudah di verifikasi, atau notifikasi gangguan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Surat, Inventaris , Web
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Depositing User: Bayu Pramudita
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:08
Last Modified: 12 Feb 2024 06:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20131

Actions (login required)

View Item View Item