STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PELAKU USAHA BATA MERAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN KARANG TARUNA KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT)

Safitri, Nor (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PELAKU USAHA BATA MERAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN KARANG TARUNA KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (153kB)

Abstract

Salah satu usaha warga pada Kelurahan Karang Taruna Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut adalah sebagai pelaku usaha bata merah. Rumusan masalah yaitu (1) Bagaimana upaya/usaha yang dilakukan oleh pelaku usaha bata merah dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha, (2) Bagaimana tinjauan ekonomi syariah mengenai dampak industri kecil bata merah dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha, (3) Bagaimana strategi pengembangan usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha bata merah. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui upaya/usaha yang dilakukan oleh pelaku usaha bata merah dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha, (2) Untuk mengetahui tinjauan ekonomi syariah mengenai dampak industri kecil bata merah dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha, (3) Untuk mengetahui strategi pengembangan usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha bata merah. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Informan adalah pelaku usaha batu merah sekitar Jln Taruna Jaya. Hasil penelitian yaitu (1) Upaya dalam meningkatkan kesejahteraan adalah dengan meningkatkan kualitas produk, menetapkan harga yang terjangkau, meningkatkan promosi penjualan dan meningkatkan kualitas SDM (2) Tinjauan ekonomi syariah adalah tidak bertentangan dengan syarai’at Islam, baik dari segi produksi maupun dari segi penjualan, bahkan usaha ini telah sejalan dengan prinsip Ekonomi Islam, (3) Strategi pengembangan usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha antara lain strategi pengembangan produk, strategi pengembangan pasar, Strategi pengembangan yang terkonsistensi dan Strategi inovasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Usaha, Kesejahteraan, Usaha Bata Merah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 02 Mar 2024 03:19
Last Modified: 02 Mar 2024 03:19
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20134

Actions (login required)

View Item View Item