HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN BEBAN KERJA DENGAN KEJADIAN NEEDLE STICK INJURY (NSI) PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT DAERAH IDAMAN KOTA BANJARBARU TAHUN 2023

Rizky, Muhammad Fajar (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN BEBAN KERJA DENGAN KEJADIAN NEEDLE STICK INJURY (NSI) PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT DAERAH IDAMAN KOTA BANJARBARU TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK Muhammad Fajar Rizky.pdf

Download (140kB)
[img] Text
lembar prngesahan.pdf

Download (234kB)
[img] Text
keaslian penelitian.pdf

Download (309kB)

Abstract

Kecelakaan di tempat kerja yang paling umum terjadi di industri kesehatan adalah cedera tertusuk jarum suntik yang disebabkan oleh jarum suntik bekas yang diberikan kepada pasien yang menusuk kulit petugas kesehatan selama proses penyuntikan, yang biasa dikenal dengan cedera tertusuk jarum atau NSI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan pengetahuan, sikap dan beban kerja dengan angka cedera tertusuk jarum (NSI) pada perawat RSUD Idaman Kota Banjarbaru tahun 2023. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain cross-sectional, populasi 330, pengambilan sampel 77 orang. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden belum pernah mengalami luka tertusuk jarum suntik (NSI) sebanyak 66 orang dibandingkan responden yang pernah mengalami luka tertusuk jarum suntik (NSI). 11 orang, pengetahuan baik sebanyak 57 orang, sikap positif mayoritas sebanyak 75 orang, pekerjaan ringan mayoritas sebanyak 46 orang. Berdasarkan uji eksak Fisher diketahui bahwa seluruh variabel bebas tidak berhubungan dengan variabel terikat yang menunjukkan p > α (0,05), pengetahuan p = 1000, derajat sikap p = 1000, beban kerja p = 0,334. RSUD Idaman Kota Banjarbaru direkomendasikan untuk menerapkan teknologi alat kesehatan seperti jarum suntik dengan risiko tertusuk jarum suntik (NSI) yang rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan , Sikap, Beban Kerja, Needle Stick Injury (NSI)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Muhammad Fajar Rizky
Date Deposited: 12 Feb 2024 06:06
Last Modified: 12 Feb 2024 06:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20158

Actions (login required)

View Item View Item