PENERAPAN NODEMCU ESP8266 PADA MESIN POMPA 3 PHASA 20 HP CLASS F SEBAGAI NOTIFIKASI SAAT ENGINE TROUBLE BERBASIS ANDROID MELALUI APLIKASI TELEGRAM

Azhari, M. Rizki (2024) PENERAPAN NODEMCU ESP8266 PADA MESIN POMPA 3 PHASA 20 HP CLASS F SEBAGAI NOTIFIKASI SAAT ENGINE TROUBLE BERBASIS ANDROID MELALUI APLIKASI TELEGRAM. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
file pdf abstrak.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (67kB)

Abstract

Abstrak - Kerusakan mesin pompa menjadi kendala dalam memenuhi ketersediaan air bersih karena keterlambatan dalam penanganannya. Kondisi mesin pompa mengalami gangguan tidak dapat terdeteksi, petugas/teknisi hanya mendapatkan informasi dari pasien/perawat sehingga dalam penanganannya mesin pompa 3 phasa 20 HP Class F untuk penyediaan air bersih Unit IGD tidak ada/off. Hal itu berpengaruh kepada pelayanan dan kerugian material. Dengan adanya inovasi sistem terbaru yaitu dapat menerapkan Nodemcu Esp8266 sebagai notifikasi saat engine trouble pada mesin pompa 3 phasa 20 HP Class F berbasis android melalui aplikasi Telegram yang nantinya para teknisi saat bertugas di lapangan maupun standbay di ruangan, bisa mempercepat perbaikan dan mengetahui terlebih dahulu kalau saat itu juga mesin pompa 3 phasa sedang trouble. Mesin pompa yang gagal hisap akan mengakibatkan naiknya temperatur karena sistem ini dapat mengirimkan notifikasi saat mendeteksi engine is overheated pada suhu 105,99 Celcius dan mesin pompa gagal menghisap karena tidak ada kesedian air di penampungan dengan mendeteksi melalaui WLC yang di teruskan ke relay setelah itu data di proses Nodemcu Esp8266 sistem ini mengirimkan notifikasi saat ketersediaan air di tandon kosong. serta ganguan dari beban lebih mengakibatkan sistem dari overload bermasalah/trip yang nantinya data di proses Nodemcu Esp8266 lalu kirim notifikasi ke aplikasi telegram. Sedangkan untuk pengecekan dari telegram tinggal ketik Hello (untuk keseluruhan) atau bisa juga dengan mengetik cek mesin, cek suhu mesin, cek tandon air (untuk cek satu persatu).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nodemcu Esp8266, aplikasi Telegram, Android.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: M. Rizki Azhari kiki
Date Deposited: 13 Feb 2024 02:04
Last Modified: 13 Feb 2024 02:04
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20162

Actions (login required)

View Item View Item