PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TERHADAP PERILAKU MEROKOK REMAJA DI SMA NEGERI 1 ANJIR PASAR

Mas'amah, Mas'amah (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL TEKNIK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) TERHADAP PERILAKU MEROKOK REMAJA DI SMA NEGERI 1 ANJIR PASAR. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
PDF LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
PDF ABSTRAK.pdf

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di sekolah SMA Negeri 1 Anjir Pasar bahwa terdapat peserta didik yang mempunyai perilaku merokok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai ”Pengaruh Layanan Konseling Individual Teknik Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Terhadap Perilaku Merokok Remaja Di SMA Negeri 1 Anjir Pasar”. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre test and post test one group design. Lokasi penelitian di SMAN 1 Anjir Pasar. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah teknik purposive sampling atau memilih sampel dengan teknik bertujuan. Pada penelitian ini pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh konseling individual dengan pendekatan REBT untuk mengurangi perilaku merokok peserta didik dapat disimpulkan bahwa: Terjadi perbedaan skor perilaku merokok setelah diberi konseling individual dengan nilai pretest 637 point dengan kategori tinggi, pada hasil postest terdapat hasil sebanyak 430 point dengan kategori sedang. Dari hasil tersebut terjadi peningkatan sebanyak 207 point. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan pencegahan perilaku merokok peserta didik sebelum dan sesudah diberikan layanan individual teknik REBT, yang berarti dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan atau pemberian layanan individual teknik REBT efektif terhadap Pencegaha perlaku merokok peserta didik SMAN 1 Anjir Pasar. Terdapat pengaruh signifikan konseling individual pendekatan REBT untuk mengurangi perilaku merokok peserta didik di SMAN 1 Anjir Pasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Rational Emotive Behavior Therapy (REBT); Perilaku Merokok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Mas'amah
Date Deposited: 02 Mar 2024 02:09
Last Modified: 02 Mar 2024 02:09
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20210

Actions (login required)

View Item View Item