SISTEM INFORMASI INVENTARIK BARANG DAN PENDATAAN ASSET BERBASIS WEB PADA PT. HASNUR RIUNG SINERGI SITE BUMI RANTAU ENERGI

Noor, Muhammad Rizkian (2024) SISTEM INFORMASI INVENTARIK BARANG DAN PENDATAAN ASSET BERBASIS WEB PADA PT. HASNUR RIUNG SINERGI SITE BUMI RANTAU ENERGI. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel Abstrak.pdf

Download (576kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Lembar pernyataan keaslian skripsi-1.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Artikel Abstrak.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Artikel Abstrak Baru.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Artikel Abstrak Baru.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Artikel Abstrak Terbaru.pdf

Download (229kB)

Abstract

Proses Inventaris Barang pada Perusahaan PT.HASNUR RIUNG SINERGI site BUMI RANTAU ENERGI Provinsi Kalimantan Selatan masih menggunakan proses manual dimana data-data Inventaris Barang tersebut masih diketik secara berulang, serta susahnya akses pencarian data Inventaris Barang yang terdahulu, sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam proses pendataannya. Tujuan pembuatan sistem informasi ini yakni untuk membantu pekerjaan pengelola inventaris dalam mengelola asset serta dapat menampilkan laporan setiap data asset. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi wawancara dan studi pustaka. Tahapan pembuatan sistem informasi meliputi perancangan model sistem, rancangan basis data, rancangan antarmuka masukan sistem, rancangan antarmuka keluaran sistem, pembuatan kode program dan pengujian jalannya program. Sistem informasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework Codeigniter dan diolah dengan menggunakan manajemen basis data MySQL. Dalam penelitian ini, sistem informasi berjalan dan berhasil menampilkan antarmuka masukan dan antarmuka keluaran serta menghasilkan laporan sebagaimana yang direncanakan pada tahapan perancangan. Penggunaan metode waterfall membuat perancangan sistem menjadi lebih mudah. Hasil dari penelitian ini membuat sistem informasi untuk mengelola data inventaris dan asset menjadi lebih efektif, dan bisa melakukan pencarian data inventaris maupun barang menjadi lebih cepat. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan fitur-fitur baru untuk mengelola pelaporan inventaris dan data asset menjadi lebih detail lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inventaris Barang, MySQL, pengelolaan asset, PHP, sistem informasi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 30 Mar 2024 03:53
Last Modified: 30 Mar 2024 03:53
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20285

Actions (login required)

View Item View Item