Aplikasi Pelayanan Penerbitan Surat Rekomendasi Produsen Dan Pengedar Pada UPT BPSBTPH Provinsi Kalimantan Selatan Berbasis Web

Wardhany, Mentari Puteri (2024) Aplikasi Pelayanan Penerbitan Surat Rekomendasi Produsen Dan Pengedar Pada UPT BPSBTPH Provinsi Kalimantan Selatan Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Lembar pengesahan skripsi mentari.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian skripsi Mentari_compressed.pdf

Download (92kB)

Abstract

BPSBTPH atau Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan Dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan merupakan UPT Daerah Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dipimpin oleh seorang Kepala UPTD yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. BPSBTPH mempunyai tugas melaksanakan kegiatan teknis operasional Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura di bidang pengembangan varietas, sertifikasi, dan pengujian mutu benih serta pengawasan peredaran benih tanaman pangan dan hortikultura. Dalam Kegiatannya pemohon datang ke kantor untuk membuat aplikasi Penerbitan, dan surat rekomendasi yang dibuat manual di aplikasi word. Serta dalam penginputan data yang dilakukan di aplikasi excel lalu disimpan ke dalam komputer dalam bentuk file dan dalam bentuk fisik lalu di arsipkan di lemari arsip. Namun terdapat beberapa masalah yang timbul antara lain pengguna lebih lama dalam mengolah data yang banyak serta pencarian data yang memerlukan waktu lebih lama karena harus mencari file satu persatu. Pembuatan sertifikasi yang masih manual dari aplikasi word dan pemohon harus datang ke kantor untuk melakukan permohonan surat rekomendasi. Maka dari itu dibuatlah sebuah rancangan aplikasi yang berbasis web yang dapat mempermudah staff admin maupun pemohon dalam membuat aplikasi Penerbitan dan surat rekomendasi. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun aplikasi ini dengan metode waterfall. Sementara itu, rancangan sistemnya dibuat menggunakan unified modelling languange (UML). Sedangkan bahasa pemrograman menggunakan bahasa pemograman php dan MySQL. Adapun tools yang digunakan adalah visual studio code dan Laragon. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa selain mempermudah staff admin dalam pembuatan surat, aplikasi ini juga mempercepat pencarian data dan juga mempermudah pemohon dalam mengajukan penerbitan surat rekomendasi. Pada penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk update menjadi android (mobile) untuk lebih mempermudah masyarakat ketika ingin mengajukan surat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BPSBTPH, Surat Rekomendasi, Aplikasi, Web
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Mentari Puteri Wardhany
Date Deposited: 22 Feb 2024 05:51
Last Modified: 22 Feb 2024 05:51
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20311

Actions (login required)

View Item View Item