SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU (PSB) DAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI GURU PADA SMPN 1 KAPUAS HILIR BERBASIS WEBSITE

Kusuma, Winisuda (2024) SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU (PSB) DAN PENGELOLAAN ADMINISTRASI GURU PADA SMPN 1 KAPUAS HILIR BERBASIS WEBSITE. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (60kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (461kB)

Abstract

SMP Negeri 1 Kapuas Hilir adalah sebuah lembaga pendidikan sekolah atau formal pada jenjang pendidikan dasar di Indonesia setelah lulus dari Sekolah Dasar (SD atau sederajat). Penerimaan siswa baru merupakan salah satu proses yang ada diinstansi pendidikan yang berguna untuk menyaring calon siswa yang terpilih sebagai anak didik di sekolah tersebut sesuai dengan kriteria dan syarat tertentu. Saat ini SMP Negeri 1 Kapuas Hilir dalam sistem penerimaan calon siswa baru belum menggunakan sistem yang terkomputerisasi secara online. Pengelolaan media informasi yang digunakan oleh panitia pengelola masih berupa kertas dengan penyebaran secara manual yang diambil dari pengumpulan data, kemudian data dimasukan ke dalam komputer. Selain kegiatan belajar mengajar juga terdapat kegiatan pengelolaan data Administrasi Guru. Pengelolaan data Administrasi Guru belum menggunakan database/sistem khusus sebagai media penyimpanan datanya, hal ini dapat dilihat dari penyajian laporan yang hanya sebatas pengetikan data menggunakan aplikasi Micrososft Word dan Microsoft Excel. Ini membuat tidak efisien karena ada kemungkinan terjadi kesalahan data saat pengetikan sehingga dapat menyebabkan terhambatnya kegiatan yang ada di SMP Negeri 1 Kapuas Hilir. Dengan banyaknya data yang diolah dan disimpan tentunya memakan banyak ruang penyimpanan dalam komputer. Apabila komputer yang digunakan untuk menyimpan data tersebut terkena virus atau mengalami error akan berdampak pada kerusakan atau kehilangan data. Hal ini dapat mempersulit Pengelola Sekolah ketika ingin melakukan pencarian data PSB dan Administrasi Guru. Ketika Kepala Sekolah menginginkan laporan data-data yang berkaitan dengan data PSB dan Administrasi Guru, bagian Operator Sekolah terkadang mengalami kesulitan untuk merekap laporannya. Aplikasi berbasis WEB ini dirancang menggunakan metode pemprograman PHP dan Mysql sebagai penyimpanan databasenya. Dengan adanya Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru (PSB) dan Pengelolaan Administrasi Guru Pada SMPN 1 Kapuas Hilir berbasis website ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam pembuatan dan mengelola datanya. Selain itu juga dapat mempermudah rekap laporan seluruh data secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem, Informasi, Psb, Pengelolaan, Administrasi, Guru, Smpn 1 Kapuas Hilir
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Winisuda Kusuma
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:03
Last Modified: 29 Feb 2024 03:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20331

Actions (login required)

View Item View Item