HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PROGRAM KB MKJP TERHADAP TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR DI DPPKBP3A KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2023

Yuliasari, Desy (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PROGRAM KB MKJP TERHADAP TINGKAT KEPUASAN AKSEPTOR DI DPPKBP3A KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK DESY.pdf

Download (53kB)
[img] Text
lmbr pengesahan DESY (2).pdf

Download (144kB)
[img] Text
pernyataan Desy.pdf

Download (153kB)

Abstract

Pada saat ini, pertumbuhan penduduk di Indonesia semakin pesat dan padat. Penduduk yang terus bertambah dan tak seimbang menyebabkan pertambahan beban di berbagai sektor. Oleh karena ini, pemerintah Indonesia melakukan suatu program dalam pengendalian peningkatan jumlah penduduk melalui program nasional yaitu program Keluarga Berencana (KB) oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) seperti menggunakan pengaman (kontrasepsi) dengan jangka panjang (MKJP). Namun, faktanya tingkat penggunaan alat kontrasepsi masih rendah di masyarakat. Faktor yang menyebabkan rendahnya penggunaan MKJP adalah kurang paham terkait MKJP dan kualitas pelayanan MKJP. Kualitas pelayanan MKJP merupakan satu dari faktor yang mampu memengaruhi kepuasaan individu untuk pemakaian alat kontrasepsi. Oleh karena itu, tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan kualitas pelayanan KB MKJP dengan tingkat kepuasan akseptor di Kabupaten Barito Kuala. Penelitian menggunakan kuantitatif dengan subjek sejumlah 82 orang. Skala yang digunakan terdiri dari kuesioner kualitas pelayanan dari SERVQUAL dan kuesioner kepuasaan pelayanan dari Kep. Menpan No. 25 Tahun 2004. Analisis data digunakan pengujian non paramterik spearman rho. Hasil dari penelitian memaparkan terdapat hubungan kualitas pelayanan KB MKJP dengan tingkat kepuasan akseptor di Kabupaten Barito Kuala dengan arah hubungan positif (r = 0,398 ; p = 0,000). Maknanya, tingginya kualitas pelayanan, meningkatkan kepuasaan yang dirasakan. Kebalikannya, rendahnya kualitas pelayanan, menurunkan kepuasaan yang dirasakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasaan Pelayanan, Keluarga Berencana, Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Desy Yuliasari
Date Deposited: 19 Feb 2024 05:55
Last Modified: 19 Feb 2024 05:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20368

Actions (login required)

View Item View Item