SISTEM INFORMASI MONITORING IBU HAMIL DAN PREDIKSI STUNTING PADA ANAK-ANAK DENGAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS DI DPPKBPM KOTA BANJARMASIN

Setiawan, Agung Yoga (2024) SISTEM INFORMASI MONITORING IBU HAMIL DAN PREDIKSI STUNTING PADA ANAK-ANAK DENGAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBORS DI DPPKBPM KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan Agung.pdf

Download (135kB)
[img] Text
keaslian agung.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Abstrak Agung.pdf

Download (14kB)

Abstract

The information system being developed will facilitate data collection on pregnant women and children in Banjarmasin City. This data includes demographic information, health history, nutritional status, as well as data on children's growth and development. This data will be used to predict stunting using the KNN algorithm, which will classify children based on their data and predict the risk of stunting for each individual. Implementation of this information system will enable officers at the Banjarmasin City DPPKBPM to monitor pregnancy and children's development more effectively. They can access real-time data, analyze children's growth and development trends, and identify groups at high risk of stunting. That way, they can take appropriate action, such as providing nutritional assistance and appropriate medical care to families in need. It is hoped that this application can make it easier for the Banjarmasin City DPPKBPM to manage storage, data input and monitoring in overcoming stunting more quickly. And the stunting prediction system can be used to help identify the possibility of stunting in children from an early age and help parents who are still unfamiliar with stunting. Sistem informasi yang dikembangkan akan memfasilitasi pengumpulan data ibu hamil dan anak-anak di Kota Banjarmasin. Data tersebut mencakup informasi demografis, riwayat kesehatan, status gizi, serta data pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Data ini akan digunakan untuk melakukan prediksi stunting menggunakan algoritma KNN, yang akan mengklasifikasikan anak-anak berdasarkan data mereka dan memprediksi risiko stunting pada setiap individu. Implementasi sistem informasi ini akan memungkinkan petugas di DPPKBPM Kota Banjarmasin untuk memantau kehamilan dan perkembangan anak-anak secara lebih efektif. Mereka dapat mengakses data secara real-time, menganalisis tren pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, serta mengidentifikasi kelompok-kelompok yang berisiko tinggi terkena stunting. Dengan begitu, mereka dapat mengambil tindakan yang sesuai, seperti memberikan pendampingan gizi dan perawatan medis yang tepat kepada keluarga yang membutuhkan. Diharapkan aplikasi ini dapat memudahkan DPPKBPM Kota Banjarmasin dalam mengelola penyimpanan, penginputan data, dan monitoring dalam mengatasi stunting menjadi lebih cepat. Dan sistem prediksi stunting dapat digunakan untuk membantu identifikasi kemungkinan terjadinya stunting pada anak-anak sejak usia dini dan membantu Orang Tua yang masih awam dengan stunting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Stunting, Prediksi Stunting, KNN, PHP, MySQL, Python
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Agung Yoga Setiawan
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:17
Last Modified: 23 Feb 2024 02:17
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20393

Actions (login required)

View Item View Item