Analisis Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah Pada Rumah Makan Rio Rio Landasan Ulin

Sari, Novita (2024) Analisis Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah Pada Rumah Makan Rio Rio Landasan Ulin. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI NOVITA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
PENGESAHAN NOVITA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Abstrak novita sari.pdf

Download (71kB)

Abstract

Novita Sari (2023), Analisis Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Kecil Menengah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Dan Menengah Pada Rumah Makan Rio Rio Landasan Ulin. Pembimbing Skripsi I Oleh Bapak Drs. H Akhmad Samhudi dan Pembimbing Skripsi II Oleh Ibu Siti Raesa Rizki Pardani. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang bagaimana bentuk pelaporan keuangan, faktor apa saja yang menghambat dalam pelaporan keuangan dan untuk mengetahui bagaimana bentuk pelaporan keuangan yang seharusnya diterapkan pada UMKM rumah makan rio-rio landasan ulin. Rancangan penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan data primer dan data sekunder yaitu melalui teknik wawancara, dokumentasi, pengamatan dan studi pustaka. Alat analisis yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa UMKM Rumah Makan Rio Rio Landasan Ulin tidak melakukan pencatatan laporan keuangan usahanya sesuai dengan SAK EMKM. Kemudian ada dua faktor yang mempengaruhi UMKM Rumah Makan Rio Rio Landasan Ulin tidak membuat laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM yaitu. Faktor internal ini merupakan faktor yang berasal dari dalam UMKM tersebut, sedangkan faktor eksternal yakni tidak adanya pengawasan dari pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan UMKM (stakeholder) yakni dari pihak pemerintah, lembaga-lembaga terkait dan regulator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan, Standar Akuntansi, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Novita Sari
Date Deposited: 20 Feb 2024 05:07
Last Modified: 20 Feb 2024 05:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20408

Actions (login required)

View Item View Item