PENEGAKAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PELANGGARAN BERKENDARA LALU LINTAS (Studi Kasus Di Wilayah Hukum Kepolisian Resort Kota Banjarmasin)

Nisa, Uswatun (2024) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG MELAKUKAN PELANGGARAN BERKENDARA LALU LINTAS (Studi Kasus Di Wilayah Hukum Kepolisian Resort Kota Banjarmasin). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Uswatun Nisa.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Pengesahan Uswatun.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi (Orsinalitas).pdf

Download (130kB)

Abstract

Penggunaan kendaraan roda empat atau roda dua hanya akan diperlihatkan kepada orang yang telah memiliki surat izin mengemudi (SIM). serta dokumen kendaraan harus diisi dan rambu-rambu lalu lintas harus diperhatikan. Batasan usia untuk mendapatkan SIM yaitu 17 tahun untuk SIM A, SIM C dan SIM D. Seperti yang ada dalam Undang-Undang Lalu lintas Dan Angkutan Jalan. Penggunaan sepeda motor hanya ditunjukan kepada seseorang yang telah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) berdasarkan pada pasal 81 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.Penelitian ini merupakan penelitian empiris, dengan menggunakan data dan melakukan wawancara di Wilayah Hukum Kepolisian Resort Kota Banjarmasin.Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa penegakan hukum terhadap anak yang melakukan pelanggaran berkendara lalu lintas di wilayah hukum Kepolisian Resort Kota Banjarmasin yaitu akan diberikan sanksi terhadap anak yang melakukan pelanggaran lalu lintas, seperti tilang dan akan dikenakan tindak pidana sesuai apa yang dilanggar menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Lalu lintas Dan Angkutan Jalan. Adapun kendala yang dihadapi oleh wilayah hukum Kepolisian Resort Kota Banjarmasin dalam penanggulangan pelanggaran berkendara yang dilakukan oleh anak yaitu kendala dalam penanggulangan terkait anak yang melakukan pelanggaran ada 3 tindakan yang dilakukan, yaitu Pre-emtif, Preventif dan Represif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelanggaran, Lalu Lintas, anak.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Uswatun Nisa
Date Deposited: 23 Feb 2024 01:30
Last Modified: 23 Feb 2024 01:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20481

Actions (login required)

View Item View Item