STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA PANTAI TERHADAP PERTUMBUHAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS PANTAI PULAU BERAS BASAH OLEH DINAS PARIWISATA KOTA BONTANG)

Firdaus, Muhammad Ichsan (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA PANTAI TERHADAP PERTUMBUHAN PENGUNJUNG (STUDI KASUS PANTAI PULAU BERAS BASAH OLEH DINAS PARIWISATA KOTA BONTANG). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
keaslian ichsan.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Pengesahan ichsan.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Abstrak Ichsan Firdaus2.pdf

Download (97kB)

Abstract

Abstract Tourism is a variety of tourism activities that are supported by various facilities and services provided by the community, businessmen, government and local government. Bontang City has areas that can be developed as tourist attractions. One of the tourist areas in Bontang is Beras Basah Beach. In this case, the role of management is needed in determining the right policies so that managed tourism can compete and get optimal benefits. One way that management can do is to develop a strategy for the growth of visitors to Beras Basah Island. This research is descriptive, because the purpose of descriptive research is to make a systematic, factual and accurate description, picture or painting of the facts, characteristics and relationships between the phenomena investigated. In accordance with the focus and objectives of the research, this type of research is very appropriate because the researcher will describe the data not to measure the data obtained. The results of this studythe marketing communication strategy carried out by the Tourism Office in introducing and increasing visitor growth to Pulau Beras Basah Beach, namely the Marketing Mix and Promotion Mix had a significant impact in increasing visitor growth. Keywords : Marketing Communication Strategy, Visitor Growth Abstrak Pariwisata merupakan berbagai macam kegiatan wisata yang didukungoleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha,Pemerintah dan Pemerintah Daerah.. Kota Bontang memiliki kawasan yang dapat di kembangkan sebagai daya tarik wisata. Salah satu kawasan wisata yang ada di Bontang adalah Pantai Beras Basah. Dalam hal ini, sangat diperlukan peranan pihak manajemen dalam menentukan kebijakan yang tepat agar wisata yang di kelelola dapat bersaing dan mendapatkan keuntungan yang optimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan pihak manajemen adalah dengan melakukan strategi terhadap pertumbuhan pengunjung Pulau Beras Basah. Penelitian ini adalah deskriptif, karena tujuan dari penelitian deskriptif yaitu untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.Sesuai dengan fokus dan tujuan penelitian, jenis penelitian ini sangat tepat karena peneliti akan mendeskripsikan data bukan untuk mengukur data yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dalam memperkenalkan maupun meningkatkan pertumbuhan pengunjung ke Pantai Pantai Pulau Beras Basah, yaitu Marketing Mix dan Promotion Mix memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan pengunjung. Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Pertumbuhan Pengunjung

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Pertumbuhan Pengunjung
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Muhammad Ichsan Firdaus
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:17
Last Modified: 24 Apr 2024 02:17
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20492

Actions (login required)

View Item View Item