ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PARIWISATA ALAM PADA WISATA GUSUNG RUMPIANG DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

ANGGRAINI, SYLVIA PUTERI (2024) ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PARIWISATA ALAM PADA WISATA GUSUNG RUMPIANG DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (545kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (417kB)

Abstract

Sektor pariwisata menjadi fokus pembangunan ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daerah. Usaha pariwisata, khususnya di wisata Gusung Rumpiang, dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan masyarakat. Permasalahan yang diteliti dalam penulisan ini meliputi potensi pengembangan sumber daya alam dan sumber daya manusia di wisata Gusung Rumpiang dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Kedua aspek ini dikaji melalui perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan yang berusaha memahami fenomena melalui pengumpulan data langsung dari lokasi penelitian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan penelitian bersifat deskriptif, berfokus pada penjelasan detil fenomena yang diteliti. a Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya alam di wisata Gusung Rumpiang memiliki prospek cerah jika dikelola dengan baik. Keindahan alam dan potensi yang dimiliki area ini, termasuk gazebo untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan sungai dan kapal yang lewat, mampu menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat sekitar. Selain itu, potensi sumber daya manusia juga berperan penting dalam kemajuan sektor pariwisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengembangan pariwisata alam, perspektif ekonomi syariah, potensi wisata alam
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Sylvia Puteri Anggraini
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:55
Last Modified: 07 Mar 2024 02:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20510

Actions (login required)

View Item View Item