Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Pelatihan dengan Praktik Penggunaan APAR pada Pekerja di PT. PLN (Persero) ULP Banjarbaru Tahun 2023

Hastina, Nova (2024) Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Pelatihan dengan Praktik Penggunaan APAR pada Pekerja di PT. PLN (Persero) ULP Banjarbaru Tahun 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK Nova Hastina.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Lembar keaslian Nova.pdf

Download (177kB)
[img] Text
PENGESAHAN NOVA.pdf

Download (181kB)

Abstract

Kawasan industri yang melibatkan serangkaian aktivitas produksi dan penggunaan bahan-bahan mudah terbakar memiliki risiko kebakaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemukiman dan area umum lainnya. Ketersediaan peralatan pemadam api ringan (APAR) sangat penting untuk melindungi seluruh aset perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi keterkaitan antara pengetahuan, sikap, dan pelatihan dengan penggunaan APAR oleh pekerja di PT. PLN (Persero) ULP Banjarbaru pada tahun 2023. Jenis penelitian ini adalah survei analitis dengan pendekatan potongan lintas. Populasi yang diteliti melibatkan 127 individu yang bekerja di PT. PLN (Persero) ULP Banjarbaru. Dari populasi tersebut, sampel sebanyak 56 orang dipilih dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis statistik yang digunakan adalah uji chi-square bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan pekerja (p-value = 0,258) dengan praktik penggunaan APAR. Selain itu, tidak ada hubungan antara sikap pekerja (p-value = 1,000) dengan praktik penggunaan APAR. Sedangkan, terdapat hubungan pelatihan pekerja (p-value = 0,000) dengan praktik penggunaan APAR di PT. PLN (Persero) ULP Banjarbaru tahun 2023. Disarankan, perlu mengadakan penyegaran dalam pelatihan atau simulasi yang terkait dengan penggunaan APAR kepada seluruh pekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap, Pengetahuan, Pelatihan, APAR
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Nova Hastina
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:53
Last Modified: 22 Feb 2024 03:53
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20515

Actions (login required)

View Item View Item