FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS SARANA SANITASI DI TEMPAT PENGOLAHAN PANGAN (TPP) DI WILAYAH KERJA KANTOR KESEHATAN PELABUHAN (KKP) BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN

Sukasih, Ramianti (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS SARANA SANITASI DI TEMPAT PENGOLAHAN PANGAN (TPP) DI WILAYAH KERJA KANTOR KESEHATAN PELABUHAN (KKP) BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak dan Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (451kB)
[img] Text
LEMBAR PERYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (556kB)

Abstract

Sanitasi adalah suatu usaha yang mengawasi beberapa factor lingkungan fisik yang berpengaruh kepada manusia terutama terhadap hal-hal yang mempengaruhi efek, merusak perkembangan fisik, kesehatan, dan keberlangsungan hidup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas sarana sanitasi di tempat pengolahan pangan di wilayah kerja kantor Kesehatan Pelabuhan Banjarmasin Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional, populasi dalam penelitian ini adalah pemilik warung atau penjamah makanan yaitu dengan besar sampel 40 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Hasil univariat penelitian ini menunjukan kualitas sarana sanitasi baik (97,5%), Pendidikan sedang (47,5%), penegtahuan cukup (47,5%), kondisi lingkungan memenuhi (97,5%),kepemilikan sertifikat memilki (82,5%). Hasil bivariat menunjukan ada hubungan kepemilikan sertifikat (p=0,028), dan tidak ada hubungan Pendidikan (p=0,129), pengetahuan (p=0,567), kondisi lingkungan (p=0,871).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan,Pengetahuan,Kondisi Lingkungan,Kepemilikan Sertifikat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Ramianti Sukasih
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:06
Last Modified: 22 Feb 2024 06:06
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20532

Actions (login required)

View Item View Item