ANALISIS KERUSAKAN JALAN PEDESAAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA, PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN SDI (SURFACE DISTRESS INDEX) (STUDI KASUS JALAN GUNTUNG UJUNG, KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR)

Haris, Abdul (2024) ANALISIS KERUSAKAN JALAN PEDESAAN MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA, PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN SDI (SURFACE DISTRESS INDEX) (STUDI KASUS JALAN GUNTUNG UJUNG, KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Pengesahan skripsi.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (181kB)

Abstract

Jalan merupakan prasarana dalam mendukung laju perekonomian serta berperan sangat besar dalam kemajuan dan perkembangan suatu daerah.Tujuan penelitian ini adalah melakukan penilaian untuk mengetahui dan mengelompokan jenis dan tingkat kerusakan perkerasan jalan menggunakan Metode Bina Marga, Metode PCI dan Metode SDI, kerusakan yang paling dominan terjadi adalah Lubang dengan total kerusakan di semua ruas jalan yang diteliti adalah sebesar 345,2 m2 dan kerusakan lain seperti Retak, dan Pelepasan Butir. Hasil perhitungan nilai kondisi jalan diperoleh nilai kerusakan tertinggi pada Desa Guntung Jawa sebesar 3,00 dan nilai kerusakan terendah yaitu pada Desa Kampung Baru 2,5 m2. Hasil penelitian dan maka di peroleh jenis kerusakan jalan yang terjadi pada ruas Jalan Guntung Ujung dengan total volume adalah sebesar 535,27 m2. Lubang 345,2 m2, Retak 94,07 m2, Metode PCI maka di peroleh Nilai PCI terkecil 0 dengan status Failed Desa Guntung Jawa dan Nilai PCI yang terbesar 86 dengan status Excellent di Desa Guntung Ujung. Metode SDI maka diperoleh Nilai SDI terbesar 225 dengan status Rusak Berat pada Desa Guntung Jawa dan Nilai SDI yang terkecil 80 dengan status Sedang pada Desa Kampung Baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Jalan, Menggunakan Metode Bina Marga, PCI, dan SDI
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Abdul Haris
Date Deposited: 23 Feb 2024 02:30
Last Modified: 23 Feb 2024 02:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20550

Actions (login required)

View Item View Item