APLIKASI REKAPITULASI PELAYANAN DAN PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS PROGRESSIVE WEB APP (PWA) PADA KANTOR KELURAHAN PEMURUS DALAM KOTA BANJARMASIN

Nor Azdmi, Muhammad Ferdy (2024) APLIKASI REKAPITULASI PELAYANAN DAN PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS PROGRESSIVE WEB APP (PWA) PADA KANTOR KELURAHAN PEMURUS DALAM KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (80kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (214kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (578kB)

Abstract

Kantor Kelurahan Pemurus Dalam Kota Banjarmasin menangani semua pelayanan publik. Selain pelayanan publik pembuatan surat menyurat, kantor kelurahan pemurus dalam juga menyediakan pelayanan pengaduan masyarakat. Dari uraian proses yang berlangsung saat ini kendala yang dihadapi adalah penduduk kurang memahami prosedur pengisian formulir dengan benar sehingga terjadi resiko kesalahan dalam penulisan, kemudian tulisan yang ditulis tidak terbaca oleh staf pemerintahan sehingga dapat memperlambat dalam proses pelayanan permohonan surat dari masyarakat. Dan kendala lainnya yaitu administrasi pelayanan masih manual dengan rekap data hanya dicatat pada buku besar kantor kelurahan. Hal ini mengakibatkan sulitnya petugas terkait untuk mencari data pelayanan yang telah diajukan masyarakat dan rawan kehilangan data apabila buku besar tersebut rusak atau hilang. Dan untuk kendala dalam pelayanan pengaduan masyarakat yaitu pengaduan sekarang tidak hanya harus ke kantor tapi juga dengan banyaknya pengaduan yang terjadi di lingkungan masyarakat membuat Kelurahan kesulitan untuk memprosesnya di karenakan sistem manual yang masih diterapkan. Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka perlu dibuat suatu aplikasi rekapitulasi pelayanan kelurahan dan pengaduan masyarakat pada kantor kelurahan pemurus dalam kota Banjarmasin dengan judul penelitian “Aplikasi Rekapitulasi Pelayanan dan Pengaduan Masyarakat Berbasis Progressive Web App (PWA) Pada Kantor Kelurahan Pemurus Dalam Kota”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pelayanan; pengaduan; web
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Muhammad Ferdy Nor Azdmi
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:02
Last Modified: 14 Mar 2024 03:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20576

Actions (login required)

View Item View Item