HUBUNGAN PERILAKU, PENGETAHUAN DAN LINGKUNGAN DENGAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI ANDAI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2023

Norkhaliza, Norkhaliza (2024) HUBUNGAN PERILAKU, PENGETAHUAN DAN LINGKUNGAN DENGAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUNGAI ANDAI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK NURKHALIZA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
PENGESAHAN NURKAHLIZA.pdf

Download (481kB)
[img] Text
PERNYATAAN KHALIZA.pdf

Download (173kB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan suatu penyakit epidemi akut yang disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Berdasarkan data personal bahwa kasus penderita DBD di wilayah kerja Puskesmas Sungai Andai pada Tahun 2022 ditemukan sebanyak 5 kasus, yang terjadi pada bulan September ada 1 penderita, sedangkan pada bulan Desember terjadi peningkatan yaitu terdapat 4 penderita. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif yang bersifat analitis dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang berdomisili/bertempat tinggal di wilayah kerja Puskesmas Sungai Andai di RW 4, yaitu sebanyak 2.293 Kepala Keluarga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Nonprobability Sampling dengan teknik Accidential Sampling. Uji statistik yang digunakan yaitu Uji Chi-Square untuk menganalisa hubungan antara perilaku, pengetahuan dan lingkungan terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan antara perilaku dengan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan nilai p 0,024 dari nilai α 0,05, ada hubungan antara Pengetahuan dengan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan nilai p 0,031 dari nilai α 0,05 dan ada hubungan antara Lingkungan dengan Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan nilai p 0,013 dari nilai α 0,05. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai media informasi dan dapat menambah wawasan mengenai Penyakit Demam Berdarah Dengue serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam hal pencegahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: demam berdarah dengue, perilaku, pengetahuan, lingkungan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Norkhaliza
Date Deposited: 24 Feb 2024 02:01
Last Modified: 24 Feb 2024 02:01
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20599

Actions (login required)

View Item View Item