ANALISIS PENJADWALAN ULANG (RESCHEDULLING) PADA PROYEK P3-TGAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CPM (CRITICAL PATH METHOD) & PERT (PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE) DI P3A MATANG HANAU BARUH MAKMUR, KALIMANTAN SELATAN

Hidayatullah, Ahmad (2024) ANALISIS PENJADWALAN ULANG (RESCHEDULLING) PADA PROYEK P3-TGAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CPM (CRITICAL PATH METHOD) & PERT (PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE) DI P3A MATANG HANAU BARUH MAKMUR, KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Hidayat.pdf

Download (82kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (79kB)

Abstract

Berbagai macam metode dalam dunia konstruksi telah tersedia jika mau membuat suatu jadwal proyek, harapan dari tersedianya metode tersebut dapat memperingan dan mengefektifkan dalam membuat suatu jadwal perencanaan. Maksud dari pengkajian ini untuk memperoleh penjadwalan yang masuk akal dan efisien sehingga menindaklanjuti untuk rescheduling pada proyek P3-TGAI di P3A Matang Hanau Baruh Makmur, Kalimantan Selatan yang selaras dengan kondisi dan implementasi di lokasi pekerjaan oleh karena itu tujuan dan harapannya meminimalisir terjadinya suatu keterlambatan pelaksanaan proyek yang akan datang. Dalam penelitian ini dilakukan survey ke lokasi pekerjaan, melakukan pemantauan serta wawancara untuk memperoleh data yang diperlukan kepada pihak/kelompok terkait seperti waktu pekerjaan, deretan aktivitas pekerjaan proyek, asumsi taksiran waktu serta data sekunder berupa jadwal existing. Penyelidikan data menggunakan metode CPM di bantu software Microsoft project adalah dengan penguraian aktifitas- aktifitas yang menjadi jalur lintasan kritis sehingga didapat durasi optimum, sebaliknya investigasi menggunakan metode PERT yaitu mengasumsikan estimasi waktu kedalam 3 bagian yang terdiri waktu yang diharapkan (optimis) (a), waktu yang mendekati keterlambatan (pesimis) (a), dan waktu dimungkinkan (m). Hasil dari pengkajian ini adalah memperoleh durasi reschedulling dengan mengaplikasikan metode CPM selama 82 hari, sedangkan menggunakan metode PERT selama 88 hari dengan tingkat probabilitas sebesar 91,31%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Durasi, Jalur Kritis, CPM, PERT
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Ahmad Hidayatullah
Date Deposited: 27 Feb 2024 01:31
Last Modified: 27 Feb 2024 01:31
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20638

Actions (login required)

View Item View Item