IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM LAYANAN SISTEM KEUANGAN DESA DALAM PENINGKATAN TRANPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DI DESA SEMARAS KABUPATEN KOTABARU

Hayani, Ana (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM LAYANAN SISTEM KEUANGAN DESA DALAM PENINGKATAN TRANPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DI DESA SEMARAS KABUPATEN KOTABARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Ana Hayani.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Pengesahan Ana.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Pernyataan Ana.pdf

Download (212kB)

Abstract

Ana Hayani, 19120102. 2023 : Implementasi Kebijkan Program Layanan Sistem Keuangan Desa Dalam Peningkatan Transparansi Di Desa Semaras Kabupaten Kotabaru. Sitna Hajar Malawat, Lieta Dwi Novianti Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi keuangan di Desa Semaras, Kabupaten Kotabaru dengan mengkaji kebijakan yang diterapkan dan mengidentifikasi permasalahan yang menghambat implementasinya dalam konteks program pelayanan sistem keuangan desa. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Dalam studi ini, kami menggunakan kerangka kerja Edward III untuk menerapkan kebijakan. Sumber primer dan sekunder digunakan untuk mengisi kesenjangan data. Pengumpulan informasi dengan cara observasi, wawancara, dan catatan tertulis. Lima orang, termasuk kepala desa, sekretaris, petugas keuangan, dan dua warga, berpartisipasi sebagai narasumber. Reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan merupakan semua proses dalam proses analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Program Layanan Sistem Keuangan Desa Dalam Peningkatan Transparansi di Desa Semaras dilihat empat indikator dikatakan berjalan dengan baik, walaupun belum optimal berdasarkan analisis dari indikator sumber daya dan disposisi. Sumber daya masih terdapat kekurangan dalam membuat laporan keuangan minimnya pengetahuan menggunakan siskeudes, sedangkan indikator disposisi terdapat kekurangan, bahwa aparatur menjalankan tugasnya tidak sesuai dengan tupoksinya, sedangkan dua indikator komunikasi dan struktur birokrasi sudah berjalan dengan baik. Dari segi transparan dalam pengelolaan keuangan desa sudah dikatakan baik, dalam pengelolaan keuangan selalu dipantau dari kabupaten ataupun penegak hukum seperti KPK, BPK, dan masyarakat yang memantau dari baliho. Faktor penghambatnya yaitu jaringan internet yang kurang stabil, dan sumber daya manusia masih belum dapat maksimal dalam mengelola keuangan sehingga diperlukannya pelatihan-pelatihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Siskeudes, Transparansi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Ana Hayani
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:34
Last Modified: 01 Mar 2024 02:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20740

Actions (login required)

View Item View Item