ANALISIS FAKTOR FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS PEKERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN TERMINAL ASPAL CURAH PT HAJI MAMING PELABUHAN BATU LICIN KALIMANTAN SELATAN

Maulana, Rahman (2024) ANALISIS FAKTOR FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS PEKERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN TERMINAL ASPAL CURAH PT HAJI MAMING PELABUHAN BATU LICIN KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Rahman.pdf

Download (303kB)
[img] Text
Artikel Rahman.pdf

Download (487kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (113kB)

Abstract

Dalam dunia jasa konstruksi, produktivitas tenaga kerja adalah salah satu faktor penentu keberhasilan suatu proyek pembangunan. Dalam mengukur tingkat produktivitas tenaga kerja ada berbagai macam cara, salah satunya yaitu dengan meneliti besarnya tingkat LUR (Labour Utilitation Rate) masing-masing pekerja, yaitu meneliti sampai seberapa tingkat efektivitas pekerja dalam bekerja. Besarnya tingkat produktivitas tenaga kerja dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya umur, kesesuaian upah, pengalaman kerja, kesehatan dan hubungan antar pekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat produktivitas tenaga kerja dan mengetahui pengaruh umur, kesesuaian upah, pengalaman kerja, kesehatan dan hubungan antar pekerja terhadap tingkat produktivitas tenaga kerja. Penelitian ini dilakukan di Proyek Pembangunan Terminal Aspal Curah PT Haji Maming Pelabuhan Batu Licin Kalimantan Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengamati tingkat produktivitas 17 pekerja disertai dengan wawancara dengan menggunakan kuesioner pada pekerja. Dari hasil pengumpulan data baik data produktivitas dan kuesioner dilakukan proses pengolahan data dengan bantuan komputer dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science). Dari analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa tingkat produktivitas (LUR) rata-rata pekerja Proyek Pembangunan Terminal Aspal Curah PT Haji Maming Pelabuhan Batu Licin Kalimantan Selatan adalah sebesar 70,545% berarti cukup produktif karena lebih dari 50 %. Dari pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh nilai F sebesar 4,187 > F Tabel 3,36 dan nilai sig.f = 0,022 < 0,05. Dari nilai-nilai tersebut tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel bebas secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap besarnya produktivitas pekerja Proyek Pembangunan Terminal Aspal Curah PT Haji Maming Pelabuhan Batu Licin Kalimantan Selatan. Secara parsial variabel yang mempunyai pengaruh signifikan adalah pengalaman kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LUR, Usia, Kesesuaian Upah, Pengalaman Kerja, Kesehatan, Hubungan antar pekerja, Produktivitas
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:35
Last Modified: 28 Feb 2024 02:35
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20753

Actions (login required)

View Item View Item