IMPLEMENTASI STRATEGI DAN FUNGSI BADAN PENGAWASAN PEMILIHAN UMUM (BAWASLU) KOTA BANJARBARU DALAM PENANGANAN PELANGGARAN PEMILIHAN UMUM

Habibah, Maulidya (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI DAN FUNGSI BADAN PENGAWASAN PEMILIHAN UMUM (BAWASLU) KOTA BANJARBARU DALAM PENANGANAN PELANGGARAN PEMILIHAN UMUM. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
ORISINALITAS.pdf

Download (107kB)
[img] Text
pengesahan bibah.pdf

Download (320kB)

Abstract

Dalam sebuah negara demokrasi, pemilu merupakan salah satu pilar utama untuk mewujudkan kehendak rakyat. Pengertian pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk menyalurkan keinginan atau kehendak rakyat. Dalam pemilu bisa terjadi adanya pelanggaran di setiap periode pemilu, maka dari itu dibentuklah lembaga yang bertugas untuk mengawasi, menegakkan pelaksanaan tahapan pemilu, menerima pengaduan, serta menangani kasus-kasus pelanggaran, lembaga tersebut ialah Bawaslu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan fungsi yang dilakukan Bawaslu Kota Banjarbaru dalam penanganan tindakan pelanggaran pemilu dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan Bawaslu Kota Banjarbaru dalam penanganan tindakan pelanggaran pemilu. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan sosiologis empiris, yang artinya menggambarkan kondisi dilapangan secara apa adanya. Objek penelitian ini ialah Bawaslu Kota Banjarbaru. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara mengidentifikasi, pengumpulan, pengolahan, penyajian data, wawancara, dan studi kepustakaan. Analisa data disajikan dengan cara deskriptif kualilatif. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan kesimpulan Bawaslu Kota Banjarbaru tidak mempunyai strategi khusus mengenai penanganan tindakan pelanggaran pemilu, tetapi Bawaslu Kota Banjarbaru tetap menjalankan aturannya dalam penanganan tindakan pelanggaran pemilu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Faktor penghambat pelaksanaan Bawaslu Kota Banjarbaru dalam penanganan tindakan pelanggaran pemilu, yaitu hambatan dalam kekuasaan penegakan hukum, hambatan dalam regulasi, hambatan dalam kewenangan, hambatan dalam Sentra Gakkumdu, dan hambatan dalam menafsirkan pasal-pasal pelanggaran dan tindak pidana pemilihan umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi, Bawaslu, Pelanggaran, Pemilu.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Maulidya Habibah
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:42
Last Modified: 05 Mar 2024 02:42
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20806

Actions (login required)

View Item View Item