IMPLEMENTASI PERATURAN DAERA NOMOR 18 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DI KABUPATEN BANJAR (Studi Kasus Bencana Banjir)

Mufidah, Mufidah (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERA NOMOR 18 TAHUN 2014 TENTANG PENYELENGGARAAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DI KABUPATEN BANJAR (Studi Kasus Bencana Banjir). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak .pdf

Download (287kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (79kB)
[img] Text
lembar keaslian.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Abstrak Mufidah .pdf

Download (299kB)
[img] Text
Abstrak Mufidah .pdf

Download (299kB)
[img] Text
Abstrak Mufidah .pdf

Download (299kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk Mengetahui Implementasi Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Penanggulangan Bencana Daerah Di Kabupaten Banjar (Studi Kasus Bencana Banjir). Serta untuk Mengetahui Faktor yang mendukung dan menghambat Pemerintah Daerah dalam Menanggulangi Bencana Banjir. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara langsung kepada lima orang informan. Analisis data menggunakan reduksi data, kemudian menyajikan data, hingga menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahwa Implementasi Peraturan Daerah Nomor 18 Tahun 2014 merupakan kebijakan dan upaya BPBD dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Banjar cukup terlaksana untuk melindungi dan membantu masyarakat yang terdampak bencana. Meskipun masih terdapat ruang untuk perbaikan, langkah-langkah yang telah diambil menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam meminimalkan risiko bencana, melindungi warga negara, dan memulihkan daerah yang terkena dampak. Terdapat faktor pendukung seperti dukungan pemerintah dengan menyediakan dana dan sarana, serta kerjasama antarinstansi dan partisipasi masyarakat. Serta faktor penghambat keterbatasan sumber daya manusia, pendanaan, peralatan, sarana, dan prasarana. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan dan masih banyaknya masyarakat yang tinggal di daerah bantaran sungai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Penanggulangan Bencana, Banjir
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
Depositing User: Mufidah
Date Deposited: 07 Mar 2024 05:15
Last Modified: 07 Mar 2024 05:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20809

Actions (login required)

View Item View Item