STABILISASI TANAH LUNAK DENGAN MENGGUNAKAN BUBUK ARANG KAYU TERHADAP KUAT GESER TANAH DI DESA GUNTUNG MANGGIS KOTA BANJARBARU

PUTRI, HELMIA AKTAVIA (2024) STABILISASI TANAH LUNAK DENGAN MENGGUNAKAN BUBUK ARANG KAYU TERHADAP KUAT GESER TANAH DI DESA GUNTUNG MANGGIS KOTA BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (29kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
ABSTRAK (3).pdf

Download (27kB)

Abstract

Tanah mempunyai peran yang penting terhadap suatu konstruksi karena akan menahan beban struktur di atasnya, sehingga tanah yang dibutuhkan harus memiliki sifat dan daya dukung yang mampu menahan beban bangunan dengan baik. Upaya untuk meningkatkan nilai daya dukung tanah adalah dengan proses stabilisai tanah. Arang Kayu dipilih untuk dijadikan bahan stabilisasi tanah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kuat geser tanah sebelum dan sesudah di stabilisasi menggunakan bubuk arang kayu serta pengaruh variasi waktu pemeraman terhadap nilai kuat geser pada proporsi campuran 4%, 8%, dan 12%, dengan waktu pemeraman 0 Hari, 4 Hari, dan 8 Hari. Tanah di ambil dari desa Guntung Manggis kota Banjarbaru. Nilai kuat geser tanah dengan campuran bubuk arang kayu 12% dengan masa pemeraman 8 hari didapat nilai kohesi tertinggi sebesar 0,532 kg/cm² pada titik 1 dan 0,663 kg/cm² pada titik 2, dan nilai sudut geser tertinggi yaitu 55,590° pada titik 1 dan 64° pada titik 2. Semakin bertambahnya campuran bubuk arang kayu maka akan semakin meningkat nilai kuat geser yang terjadi pada tanah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kuat Geser, Bubuk Arang Kayu, Tanah
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Helmia Aktavia Putri
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:29
Last Modified: 05 Mar 2024 01:29
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20822

Actions (login required)

View Item View Item