HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN MASA KERJA DENGAN TINDAKAN PETUGAS KESEHATAN DALAM UPAYA PENGELOLAAN SAMPAH DI PUSKESMAS BANJARBARU SELATAN TAHUN 2023

Koeswara, Bella Donna (2024) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN MASA KERJA DENGAN TINDAKAN PETUGAS KESEHATAN DALAM UPAYA PENGELOLAAN SAMPAH DI PUSKESMAS BANJARBARU SELATAN TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
File PDF Abstrak.pdf

Download (23kB)
[img] Text
PDF Lembar Pernyataan Keaslian Penelitia.pdf

Download (353kB)
[img] Text
PDF Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (266kB)

Abstract

Puskesmas Banjarbaru Selatan sudah menyediakan sarana untuk bagian kebersihannya seperti tempat sampah, plastik pewadahan yang berwarna transparan dan hitam, sarung tangan, masker, dan sepatu boot yang digunakan oleh petugas kebersihan sebagai alat pelindung diri (APD), tetapi untuk sarana ini memang belum dimanfaatkan secara maksimal di puskesmas. Puskesmas Banjarbaru Selatan juga sudah menerapkan SOP untuk pengelolaan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap, dan masa kerja dengan tindakan petugas kesehatan dalam upaya pengelolaan sampah di Puskesmas Banjarbaru Selatan Tahun 2023.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah semua petugas tenaga kesehatan dan cleaning service (CS) di Puskesmas Banjarbaru Selatan sebanyak 52 orang tenaga kesehatan dan 3 orang CS yang dijumlahkan ada 55 orang. Sampel sebanyak 55 responden yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Dari penelitian ini diperoleh dari 55 responden sebagian besar responden mempunyai tindakan dengan kategori baik sebanyak 29 responden (52,7%), mempunyai pengetahuan baik sebanyak 23 responden (41,8%), mempunyai sikap positif sebanyak 29 responden (52,7%), mempunyai masa kerja lama sebanyak 33 responden (60%). Uji Statistik menggunakan uji chi-square, ada hubungan pengetahuan (p-value 0,000), ada hubungan sikap (p-value 0,023), tidak ada hubungan masa kerja (p-value 1,000) dengan tindakan dalam upaya pengelolaan sampah di Puskesmas Banjarbaru Selatan. Diharapkan hasil penelitian ini petugas kesehatan dan cs mendapatkan pelatihan atau sosialisasi terhadap upaya pengelolaan sampah minimal 2 kali dalam setahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Masa Kerja, dan Tindakan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Bella Donna Koeswara
Date Deposited: 07 Mar 2024 05:59
Last Modified: 07 Mar 2024 05:59
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20823

Actions (login required)

View Item View Item