IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK TERHADAP TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK DI POLRES KOTA BANJARBARU

Tampubolon, Handy Armando (2024) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK TERHADAP TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK DI POLRES KOTA BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak handy.pdf

Download (107kB)
[img] Text
pengensahan skripsi handy.pdf

Download (6MB)
[img] Text
surat pernyataan keaslian handy.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemajuan sangat pesat dibidang teknologi informasi dan komunikasi berdampak sangat besar bagi perkembangan interaksi hukum dan interaksi sosial. Di samping memberikan dampak positif, Media sosial juga menimbulkan dampak negatif bagi pengguna selaku subjek hukum terkadang tidak meyadari perkataan, meme atau gambar yang merupakan informasi elektronik dapat berdampak pencemaran nama baik seseorang. Sehingga pemerintah mengeluarkan Undang-Undang Nomor 19 Pasal 27 ayat (3) Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik untuk mengatur terhadap tindak pidana pencemaran nama baik, yang dimana dalam pelaksanaannya masih banyak mengandung multitafsir.Penelitian ini merupakan penelitian yuridis sosiologis, yang bersifat kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh hasil dari observasi, wawancara dan dokumen dari Kasat Reskrim di Polres Kota Banjarbaru dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan yang berkaitan dengan teori efektivitas hukum dan teori kepastian hukum. Data-data yang diproleh dalam penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif.Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa dalam pelaksaan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik terhadap tindak pidana pencemaran nama baik penyidik Polres Kota Banjarbaru berprinsip bahwa hukum pidana merupakan upaya terakhir dalam penegakan hukum dan mengedepankan restorative justice terkait penanganan tindak pidana pencemaran nama baik terhadap para pihak dan/atau korban, upaya pemenuhan hak dan pemberian bantuan perlindungan hukum bagi korban pencemaran nama baik, Polres Banjarbaru memberikan rasa aman kepada saksi dan atau korban yang dilaksanakan oleh LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknologi informasi, Media sosial, Pencemaran nama baik
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Handy Armando Tampubolon
Date Deposited: 29 Feb 2024 05:20
Last Modified: 29 Feb 2024 05:20
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20855

Actions (login required)

View Item View Item