IMPLEMENTASI YURIDIS TENTANG PROSES PEMBINAAN KEMANDIRIAN BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA BANJARMASIN

Khairani, M Hafidz (2024) IMPLEMENTASI YURIDIS TENTANG PROSES PEMBINAAN KEMANDIRIAN BAGI NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
pdf abstrak.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan orisinalitas.pdf

Download (54kB)

Abstract

Sesuai dengan Protap Pembinaan Narapidana di Lapas Kelas IIA Banjarmasin, pembinaan terdiri dari dua komponen: pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Lembaga pemasyarakatan berfungsi sebagai tempat di mana narapidana dapat menerima bimbingan untuk menjadi individu yang produktif dan aktif, memungkinkan mereka untuk berintegrasi dan memenuhi tanggung jawab kewarganegaraan mereka. Penelitian ini membahas masalah bagaimana mendukung kemandirian narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin dan tantangan yang menghalangi proses tersebut, dengan menggunakan teknik penelitian kualitatif dan pendekatan hukum empiris. Wawancara dengan pejabat, staf pembinaan, dan narapidana yang berpartisipasi dalam mempromosikan kemandirian di Lapas Kelas IIA Banjarmasin menjadi sumber data penelitian ini. Sesuai dengan temuan penelitian, mitra yang bekerja sama dengan Lapas Kelas IIA Banjarmasin telah terlibat dalam mempromosikan kemandirian bagi narapidana di sana. Kegiatan-kegiatan ini juga didasarkan pada undang-undang yang berlaku. Namun, petugas pemasyarakatan masih menghadapi kesulitan dalam melaksanakan pembinaan kemandirian. Hal ini termasuk kepadatan penghuni, fakta bahwa peserta program tidak menganggap serius penjelasan pelatih dan lebih tertarik untuk mengikuti arahan mereka, kurangnya infrastruktur atau ruang, dan masalah lain seperti kurangnya promosi yang memadai tentang hasil program.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembaga Pemasyarakatan; Narapidana; Pembinaan Kemandirian.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: M. Hafidz Khairani
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:15
Last Modified: 06 Mar 2024 01:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/20965

Actions (login required)

View Item View Item