SISTEM INFORMASI PENYEDIAAN BARANG LOGISTIK RUMAH SAKIT BERBASIS WEB

PANJAITAN, MATHIAS KEVIN BECKHAM (2024) SISTEM INFORMASI PENYEDIAAN BARANG LOGISTIK RUMAH SAKIT BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Artikel .pdf

Download (141kB)
[img] Text
Artikel .pdf

Download (141kB)
[img] Text
Artikel .pdf

Download (141kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (144kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI & PEMBIMBING.pdf

Download (130kB)

Abstract

Rumah Sakit Umum Nirwana Banjarbaru merupakan instansi yang bergerak dalam bidang Kesehatan, yang mempunyai beberapa jenis pelayanan seperti, pelayanan rawat jalan tingkat lanjut, pelayanan rawat inap tingkat lanjut, pelayanan hemodialisa, pelayanan UGD, dan pelayanan penunjang lainnya. Sistem yang diterapkan saat ini masih menggunakan cara manual, dalam permintaan barang pegawai medis maupun non medis harus bertemu secara langsung dengan staf logistik, setelah itu staf logistik harus masuk ke dalam penyimpanan untuk memeriksa ketersediaan stok barang, dan data akan dimasukan ke dalam Microsoft excel. Hal ini dapat menjadi hambatan dan kendala bagi Rumah Sakit Umum Nirwana Banjarbaru dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Tahapan pembuatan sistem informasi meliputi perancangan model sistem, rancangan basis data, rancangan antarmuka masukan sistem, rancangan antarmuka keluaran sistem, pembuatan kode program dan pengujian jalannya program. Sistem informasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework Boostrap dan diolah dengan menggunakan manajemen basis data MySQL. Dalam penelitian ini, sistem informasi berjalan dan berhasil menampilkan antarmuka masukan dan antarmuka keluaran serta menghasilkan laporan sebagaimana yang direncanakan pada tahapan perancangan. Penggunaan metode waterfall membuat perancangan sistem menjadi lebih mudah. Disarankan bagi penelitian selanjutnya agar sistem ini menjadi lebih baik lagi, menambahkan fitur regenerate barcode untuk setiap barang elektronik, mebel, dan alat Kesehatan, sehingga hanya dengan melakukan scan barcode dapat melihat Riwayat seperti mutasi dan kondisi barang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem infromasi, Rumah Sakit, php, mysql, pelayanan, logistik. Keywords : System information, hostpital, php, mysql, service, logistic.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Depositing User: Mathias Kevin Beckham Panjaitan
Date Deposited: 07 Mar 2024 02:03
Last Modified: 07 Mar 2024 02:03
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21024

Actions (login required)

View Item View Item