FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN JKN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALALAK TENGAH KOTA BANJARMASIN TAHUN 2023

Rosiana, Yulita (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN JKN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ALALAK TENGAH KOTA BANJARMASIN TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (278kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di wilayah kerja puskesmas alalak tengah didapat beberapa masyarakat kepesertaan JKN yang tidak mengetahui pasti pemanfaatan JKN sehingga di perlukannya sosialisasi atau penyuluhan terkait pemanfaatan pelayanan JKN. Penelitian ini bertujuan mengetahui Faktor Faktor Jenis Kelamin, Pengetahuan, Pendapatan dan Persepsi dalam pemanfaatan Pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional di Wilayah Kerja Puskesmas Alalak Tengah Kota Banjarmasin. Metode Penelitian survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 100 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuisoner. Analisa data menggunakan uji chi square . Hasil penelitian menunjukan sebagian besar responden memanfaatkan Kartu JKN sebanyak 55 responden (55%) sebagian besar berjenis kelamin perempuan sebanyak 63 responden (63%) sebagian besar berpengetahuan kurang sebanyak 67 responden (67%) sebagian besar pendapatan rendah sebanyak 80 responden (80%) sebagian besar berpersepsi positif sebanyak 57 responden (57%). Hasil menunjukkan tidak ada hubungan antara jenis kelamin (p=0.950) dengan pemanfaatan pelayanan JKN. Ada hubungan antara pengetahuan (p=0,038), Pendapatan (p=0,006) dan Persepsi (p=0,049) dengan pemanfaatan pelayanan JKN. Diharapkan Badan penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional (BPJS) Kesehatan bisa terjun ke lapangan atau ke masnyarakat secara langsung untuk melakukan penyuluhan maupun sosialisasi yang lebih intensif lagi ke masyarakat tentang pentingnya Jaminan Kesehatan Nasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jenis Kelamin, Pengetahuan, Pendapatan, Persepsi, Pemanfaatan. JKN, BPJS Kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Yulita Rosiana
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:23
Last Modified: 04 Mar 2024 02:23
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21108

Actions (login required)

View Item View Item