IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN ANTASAN BESAR KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH

Wardani, Yufi (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN ANTASAN BESAR KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak dan Daftar Pustaka.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi Yufi.pdf

Download (195kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi Yufi.pdf

Download (703kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi Yufi.pdf

Download (279kB)

Abstract

Program "Kampung Keluarga Berkualitas" merupakan inisiatif pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan fokus pada peran penting keluarga sebagai unit terkecil dalam pembangunan sosial. Penelitian ini mengkaji implementasi program tersebut di Kelurahan Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, dengan tujuan untuk menganalisis dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat setempat. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran antara analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan berbagai pemangku kepentingan, survei terstruktur kepada sejumlah sampel masyarakat, serta analisis dokumen terkait program. Temuan penelitian menunjukkan bahwa implementasi program "Kampung Keluarga Berkualitas" di Kelurahan Antasan Besar telah membawa sejumlah perubahan positif. Penyuluhan dan pelatihan mengenai peran keluarga dalam pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan hubungan sosial telah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya peran keluarga yang sehat dan berkualitas Dampak positif juga terlihat dari peningkatan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan dan pendidikan yang lebih baik, serta pengembangan keterampilan ekonomi melalui pelatihan dan bantuan modal usaha. Kolaborasi antara pemerintah, lembaga masyarakat, dan sektor swasta dalam program ini juga berkontribusi pada kesuksesan implementasi. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan sumber daya dan kontinuitas program dalam jangka panjang. Secara keseluruhan, implementasi program "Kampung Keluarga Berkualitas" telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Antasan Besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kampung Keluarga Berkualitas, kesejahteraan masyarakat, implementasi program, peran keluarga, partisipasi masyarakat.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Yufi Wardani
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:24
Last Modified: 05 Mar 2024 03:24
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21120

Actions (login required)

View Item View Item