IMPLEMENTASI PERDA NO. 15 TAHUN 2016 TENTANG UPAYA PENINGKATAN PENGELOLAAN SUNGAI DI KOTA BANJARMASIN (STUDI KASUS PENGELOLAAN SUNGAI KUIN)

Ikhsan, Ahmad Nur (2024) IMPLEMENTASI PERDA NO. 15 TAHUN 2016 TENTANG UPAYA PENINGKATAN PENGELOLAAN SUNGAI DI KOTA BANJARMASIN (STUDI KASUS PENGELOLAAN SUNGAI KUIN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL AHMAD NUR IKHSAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (374kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Artikel Ahmad Nur Ikhsan.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui implementasi Perda No. 15 Tahun 2016 tentang upaya peningkatan pengelolaan sungai di Kota Banjarmasin khususnya Sungai Kuin, (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi Perda No. 15 Tahun 2016 terhadap Sungai Kuin. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi terhadap Perda No. 15 Tahun 2016. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya (1) pada implementasi kebijakan Perda No. 15 Tahun 2016 terhadap Sungai Kuin berdasarkan 4 faktor yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi sudah berjalan dengan lancar, (2) adapun faktor pendukung dari implementasi Perda No. 15 Tahun 2016 terhadap Sungai Kuin yaitu sebagian besar masyarakat sungai sudah teredukasi akan pentingnya sungai sebagai ruang hijau, adanya kegiatan rutin Pasukan Turbo dalam pemeliharaan Sungai Kuin serta ada bantuan lain dari Lingkungan Hidup yaitu kegiatan Peduli Sungai yang mana bertujuan pemeliharaan sungai-sungai di Banjarmasin. Kemudian faktor penghambat, yaitu dalam pelaksanaannya yaitu sebagian kecil masyarakat yang masih belum lepas dari kegiatan sosial budaya yang merugikan Sungai Kuin, sehingga dirasa perlunya edukasi berkepanjangan dalam menyelesaikan kendala tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kebijakan Publik; Perda No. 15 Tahun 2016; Sungai Kuin
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Depositing User: Ahmad Nur Ikhsan
Date Deposited: 07 Mar 2024 01:30
Last Modified: 07 Mar 2024 01:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21302

Actions (login required)

View Item View Item