FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PETUGAS KEBERSIHAN DI DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PEMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2023

Fujiant, Annisa (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PETUGAS KEBERSIHAN DI DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PEMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK NISA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
FILE PENGESAHAN NISA.pdf

Download (948kB)
[img] Text
file keaslian penelitian Nisa.pdf

Download (836kB)

Abstract

Kepatuhan dalam menggunakan APD pada petugas kebersihan dapat mencegah terjadinya risiko kecelakaan kerja seperti tergores, tertusuk, teriris dan terinjak benda tajam. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan penggunaan Alat Pelindung Diri pada petugas kebersihan di Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2023.. Metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh petugas lapangan sebanyak 146 orang. Sampel sebanyak 60 orang menggunakan teknik Proporsional Stratified Random Sampling. Uji statistik menggunakan uji Chi Square Test. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden tidak patuh dalam penggunaan APD sebanyak 39 orang (65,0%), sebagian besar responden memiliki pengetahuan cukup sebanyak 26 orang (43,3%), sebagian besar responden memiliki sikap positif sebanyak 35 orang (58,3%), sebagian besar responden menyatakan nyaman dalam penggunaan APD sebanyak 33 orang (55,0%) dan sebagian besar responden memiliki masa kerja baru sebanyak 43 orang (71,7%). Ada hubungan pengetahuan (p-value=0,000), sikap (p-value=0,001), faktor kenyamanan (p-value=0,000) dan masa kerja (p-value=0,006) dengan kepatuhan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada petugas kebersihan pemeliharaan taman di Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman Dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2023 . Disarankan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Utara dapat meningkatkan pengawasan dalam penggunaan APD dalam meningkatkan kepatuhan dalam penggunaan APD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Penggunaan APD, Pengetahuan, Sikap, Faktor Kenyamanan, Masa Kerja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 06 Mar 2024 05:28
Last Modified: 06 Mar 2024 05:28
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21308

Actions (login required)

View Item View Item