HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PETUGAS LAPANGAN DI DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PEMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2023

Pratiwi, Meiliana Saparida (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KESELAMATAN KESEHATAN KERJA DENGAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PETUGAS LAPANGAN DI DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PEMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK MEILIANA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
File Pengesahan MEILIANA.pdf

Download (743kB)
[img] Text
file keaslian MEILIANA.pdf

Download (805kB)

Abstract

Data Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman Dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Utara pada tahun 2023 didapatkan bahwa sebanyak 3 kecelakaan kerja pada petugas lapangan. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap keselamatan kesehatan kerja dengan kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada petugas lapangan di Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman Dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2023. Metode penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh petugas lapangan sebanyak 146 orang. Sampel sebanyak 60 orang menggunakan teknik Proporsional Stratified Random Sampling. Uji statistik menggunakan uji Chi Square Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden tidak patuh dalam penggunaan APD sebanyak 36 orang (60,0%), sebagian besar responden memiliki pengetahuan cukup sebanyak 26 orang (43,3%), sebagian besar responden memiliki sikap positif sebanyak 44 orang (73,3%). Ada hubungan pengetahuan (p-value=0,000) dan sikap (p-value=0,004) dengan kepatuhan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) pada petugas lapangan di Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman Dan Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun 2023. Disarankan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman Dan Lingkungan Hidup melakukan pengawasan dalam penggunaan APD untuk mencegah risiko kecelakaan kerja seperti helm, sepatu boot dan sarung tangan, serta meningkatkan pengetahuan dan sikap petugas dengan memberikan pelatihan dalam penggunaan APD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan, Penggunaan APD, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Meiliana Saparida Pratiwi
Date Deposited: 06 Mar 2024 05:30
Last Modified: 06 Mar 2024 05:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21309

Actions (login required)

View Item View Item