HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN MASA KERJA DENGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DI RSD IDAMAN BANJARBARU TAHUN 2023

Gading, Manggar Maulana (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN MASA KERJA DENGAN KEPATUHAN PERAWAT DALAM PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DI RSD IDAMAN BANJARBARU TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Lembar pengesahan skripsi.pdf

Download (244kB)
[img] Text
pernyataan keaslian penelitian.pdf

Download (348kB)

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh dari RSD Idaman Banjarbaru terdapat kasus kecelakaan kerja pada tahun 2021 terdapat 2 kasus tertusuk jarum. Alat Pelindung Diri (APD) adalah seperangkat alat keselamatan yang digunakan oleh pekerja untuk melindungi seluruh atau sebagian tubuhnya dari kemungkinan adanya paparan potensi bahaya lingkungan kerja terhadap kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan masa kerja dengan kepatuhan perawat dalam penggunaan alat pelindung diri di RSD Idaman Banjarbaru Tahun 2023. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian adalah perawat di ruang camar dan IGD RSD Idaman Banjarbaru Tahun 2023, dengan jumlah sampel 57 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi, uji statistik dalam penelitian ini menggunakan Uji Chi Square Test (α = 0.05). Hasil uji penelitian ada hubungan antara pengetahuan ( p = 0,005 ) dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri, kemudian tidak ada hubungan antara sikap ( p = 0,891 ), masa kerja ( p = 0,983 ) dengan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri. Disarankan untuk meningkatkan evaluasi terhadap kepatuhan perawat dalam penggunaan alat pelindung diri serta perlu adanya pendampingan terhadap pemahaman perawat dalam penggunaan alat pelindung diri yang sesuai dengan kebijakan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Masa Kerja, Kepatuhan APD
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Manggar Maulana Gading
Date Deposited: 07 Mar 2024 05:40
Last Modified: 07 Mar 2024 05:40
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21416

Actions (login required)

View Item View Item