IMPLEMENTASI PENEGAKAN HUKUM TERHADAP ORANG YANG MELAKUKAN PENGATURAN LALU LINTAS PADA PUTARAN JALAN (Studi Kasus di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru)

Pantow, Marsella Dwiyanti (2024) IMPLEMENTASI PENEGAKAN HUKUM TERHADAP ORANG YANG MELAKUKAN PENGATURAN LALU LINTAS PADA PUTARAN JALAN (Studi Kasus di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Banjarbaru). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPS.pdf

Download (62kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPSI.pdf

Download (58kB)

Abstract

Pada Peraturan Daerah Kota Banjarbaru Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Ketertiban Umum Dan Ketenteraman Masyarakat pada Pasal 8 Ayat (1), melarang setiap orang dan atau kelompok yang tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pengaturan lalu lintas. Akan tetapi pada kenyataannya di kota Banjarbaru hal tersebut menjadi pekerjaan yang dilakukan oleh sebagian orang oleh pengatur jalan tidak resmi ini. Dari adanya aduan masyarakat menunjukan atas adanya aktivitas mereka mengganggu pengguna jalan dan Perbuatan mereka jelas tidak dapat dibenarkan secara hukum. Penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu bagaimana implementasi penegakan hukum terhadap orang yang melakukan pengaturan lalu lintas di putaran jalan oleh satuan polisi pamong praja di kota Banjarbaru dan apa yang menjadi faktor penghambat dalam mempengaruhi implementasi penegakan hukum terhadap orang yang melakukan pengaturan lalu lintas di putaran jalan kota Banjarbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian empiris. Jenis data yang digunakan yaitu data hukum primer dan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data dengan cara kualitatif dengan mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui hasil wawancara, studi Pustaka maupun dokumentasi yang telah dilakukan, data-data yang dianalisis dituangkan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian bahwa implementasi penegakan hukum atas aktivitas orang-orang pengatur lalu lintas di putaran jalan oleh Satuan Polisi Pamong Praja kota banjarbaru tidak berjalan dengan baik dan yang menjadi faktor yang menghambat terbagi menjadi dua, yakni faktor internal dan ekternal. Faktor internal yakni ialah faktor dari penegak hukum nya sendiri dan kurangnya personal Satpol PP. Faktor ekternal nya yaitu kurangnya Kurangnya Koordinasi dan Sinkronisasi dari instansi-isntansi dalam bekerja sama melakukan penertiban, Pak Ogah yang tidak taat akan aturan yang berlaku, pengguna jalan atau pengendara yang memberi uang, Aktivitas yang berpindah-pindah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Pengatur Jalan, Putaran Jalan, Peraturan Daerah, Satpol PP, Tidak Resmi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Marsella Dwiyanti Pantow
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:56
Last Modified: 14 Mar 2024 02:56
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21452

Actions (login required)

View Item View Item