HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT DENGAN KEPEMILIKAN JAMBAN SEHAT DI DESA SUNGAI RANGAS ULU KECAMATAN MARTAPURA BARAT KABUPATEN BANJAR TAHUN 2023

SALSABILA, GHINA (2024) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MASYARAKAT DENGAN KEPEMILIKAN JAMBAN SEHAT DI DESA SUNGAI RANGAS ULU KECAMATAN MARTAPURA BARAT KABUPATEN BANJAR TAHUN 2023. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstrak GHINA SALSABILA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Pengesahan Ghina salsabila.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian Ghina salsabila .pdf

Download (380kB)

Abstract

Kepemilikan jamban merupakan bagian dari sanitasi dasar yang seharusnya dimiliki oleh semua orang. Jika tingkat kepemilikan jamban rendah, maka kemungkinan terjadinya Buang Air Besar Sembarangan (BABS) akan semakin tinggi sehingga dapat mengganggu kesehatan dan mencemari lingkungan. Desa Sungai Rangas Ulu Kecamatan Martapura Barat merupakan desa dengan prevelensi tertinggi yang mempunyai permasalahan kepemilikan jamban sehat dengan presentase 65% yang sudah memiliki wc sedangkan 35% belum memiliki wc. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran hubungan tingkat pendidikan, pengetahuan dan sikap masyarakat dengan kepemilikan jamban sehat di Desa Sungai Rangas Ulu Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar. Metode penelitian menggunakan survei analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara dan observasi kepada 87 responden dari 645 KK yang terdiri dari 3 RT di Desa Sungai Rangas Ulu Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar. Pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Chi-square. Berdasarkan hasil penelitiaan didapat sebagian besar tingkat pendidikan rendah sebanyak 85,1%, pengetahuan kurang 62,1%, sikap negatif 66,7% dan kepemilikan jamban sehat yang tidak memenuhi standar kesehatan 64,4%, adanya hubungan tingkat pendidikan (p-value 0,000) adanya hubungan pengetahuan (p-value 0,000) dan adanya hubungan sikap (p-value 0,000) dengan kepemilikan jamban sehat di Desa Sungai Rangas Ulu Kecamatan Martapura Barat Kab. Banjar. Disarankan masyarakat dapat menyadari pentingnya kepemiliki jamban sehat, sehingga dapat mengubah sikap dari kebiasaan menggunakan jamban yang tidak sehat menjadi menggunakan jamban sehat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pengetahuan, Sikap, dan Kepemilikan Jamban Sehat.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 09 Mar 2024 02:09
Last Modified: 09 Mar 2024 02:09
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21482

Actions (login required)

View Item View Item