MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SDN DESA SUNGAI PANTAI KECAMATAN RANTAU BADAUH KABUPATEN BARITO KUALA

Winarti, Winarti (2024) MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SDN DESA SUNGAI PANTAI KECAMATAN RANTAU BADAUH KABUPATEN BARITO KUALA. Masters thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img]
Preview
Image
Image (4).jpg

Download (706kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
Image
Lembar pengesahan.jpg

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Orisinalitas.jpg

Download (695kB) | Preview
[img] Text
Image (4).pdf

Download (92kB)
[img] Text
Orisinalitas.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Desa Sungai Pantai, Kecamatan Rantau Badauh, Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari Kepala Sekolah, guru, penjaga sekolah, komite sekolah, dan wali murid dari tiga SDN yang berbeda di Desa Sungai Pantai. Berdasarkan hasil wawancara dengan pihak terkait di tiga SDN Desa Sungai Pantai, dapat disimpulkan bahwa manajemen sarana prasarana memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sarana prasarana yang memadai, seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan lengkap, laboratorium sains, dan area olahraga yang memadai, memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar dan berkembang secara maksimal. Selain itu, manajemen sarana prasarana yang baik melibatkan pemeliharaan dan perawatan rutin terhadap fasilitas sekolah. Dukungan pemerintah dan masyarakat juga sangat penting dalam menjaga kondisi sarana prasarana dan memenuhi standar yang diperlukan. Kerjasama antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat diperlukan untuk memastikan kondisi sarana prasarana yang optimal. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa manajemen sarana prasarana yang baik berdampak positif pada proses pembelajaran. Siswa dapat belajar dengan nyaman dan optimal, guru dapat mengajar dengan efektif, dan kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara interaktif dan beragam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Winarti
Date Deposited: 08 Mar 2024 03:12
Last Modified: 08 Mar 2024 03:13
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21505

Actions (login required)

View Item View Item