PENGARUH MEDIA SLOT and BALL MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERINTEGRASI LAHAN RAWA DAN NILAI KEISLAMAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI PEREAKSI PEMBATAS

Mardan, Mardan (2024) PENGARUH MEDIA SLOT and BALL MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERINTEGRASI LAHAN RAWA DAN NILAI KEISLAMAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI PEREAKSI PEMBATAS. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (203kB)
[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (386kB)
[img] Text
pernyataan skripsi.pdf

Download (283kB)

Abstract

Abstrak Materi preaksi pembatas ini adalah bagian materi stoikiometri, perhitungan kimia secara stoikiometri, memerlukan hukum-hukum dasar ilmu kimia untuk mempelajari materi pereaksi pembatas, hukum-hukum dasar yang meliputi hukum kekekalan massa, hukum perbandingan tetap, hukum perbandingan berganda, hukum perbandingan volume, hipotesis Avogadro, dan konsep mol. Materi tersebut dianggap sulit oleh siswa dan berdampak pada motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik terhadap pengarauh media slot and ball menggunakan lembar kerja peserta didik terintegrasi lahan rawa dan nilai keislaman pada sub materi pereaksi pembatas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Penelitian ini menggunakan metode The Static Group Comparison Design (TSGCD). Data penelitian dikumpulkan melalui tes dengan instrumen soal tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney U test berbantuan SPSS v.26. Hasil dari test statistik uji Mann Whittney U-test didapatka nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000, yang mana nilai tersebut < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menolak H0 dan menerima H1 bahwa pada kelas eksperimen dengan Mean rank 42,50 dan Sum of ranks 1190.00 Sedangkan pada kelas kontrol mengalami penurunan Mean rank 14,50 dan Sum of rank 406.00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media slot and ball, Hasil belajar, Materi pereaksi pembatas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mardan
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:44
Last Modified: 19 Mar 2024 01:44
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21605

Actions (login required)

View Item View Item