SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DOKUMEN PADA SUB BAGIAN KEUANGAN, BIDANG TATA LINGKUNGAN DAN BIDANG KEBERSIHAN PENGELOLAAN SAMPAH DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN BERBASIS WEB

Sihotang, Ariel Stefanus (2024) SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DOKUMEN PADA SUB BAGIAN KEUANGAN, BIDANG TATA LINGKUNGAN DAN BIDANG KEBERSIHAN PENGELOLAAN SAMPAH DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANJARMASIN BERBASIS WEB. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (105kB)

Abstract

Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin adalah Satuan Kerja Perangkat Daerah yang memiliki kapasitas untuk mengatur, mengelola dan melaksanakan kebijakan daerah dalam bidang penataan lingkungan serta pelayanan dan pengolahan kebersihan Kota Banjarmasin. Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin yang berada di Jalan RE Martadinata No 1 Blok D Lantai II, Kertak Baru Ilir, Kec. Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup banyak menggunakan surat-menyurat sehingga dibutuhkan suatu proses pengarsipan. Selama ini Dinas Lingkungan Hidup sudah menerapkan pengarsipan,akan tetapi pengarsipannya masih membutuhkan pembenahan lagi, dikarenakan dokumen-dokumen penting sering mengalami kerusakan seperti dokumen tersebut robek atau dokumen tersebut tulisan nya hilang atau dokumen tersebut menjadi satu dengan dokumen lain. sehingga dokumen tersebut harus dikeluarkan untuk diperbaiki. selanjutnya, dokumen yang akan diperbaiki tersebut belum ter-database datanya serta para pegawai dalam proses pendataan sampah dan pendataan surat masih menggunakan Microsoft Word dan Excel untuk pencatatan dan perhitungan nilainya sehingga data belum ter-database. Metode penelitian yang digunakan ada beberapa tahapan yaitu metode pengamatan (observasi), metode wawancara (interview), serta studi dokumentasi yang diperlukan untuk data tambahan yang terdiri dari referensi artikel, perancangan yang ingin dibuat, dan metode pembuatan aplikasi dan terakhir yaitu metode pengujian sistem yang telah dibuat.Pada pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 8 dengan Framework Codeigniter dan MySQL untuk manajemen basis datanya. Adapun hasil akhir dari penelitian ini yaitu terciptanya aplikasi yang dapat mempermudah dalam proses pengarsipan, pendataan surat dan pendataan sampah dan menyimpan data surat dan data sampah, pecarian data serta pembuatan laporan dengan sistem aplikasi berbasis website.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sistem Informasi; Pengelolaan; Dokumen; CodeIgniter; MySQL; Web.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Ariel Stefanus Sihotang
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:37
Last Modified: 14 Mar 2024 03:37
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21610

Actions (login required)

View Item View Item