PERBANDINGAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI ANTARA PENGGUNAAN ELECTRIC HEATER DUCT DAN DEHUMIDIFIER PORTABLE UNTUK MENDAPATKAN KELEMBABAN IDEAL PADA RUANG ALAT MEDIS CATHLAB DI CIPUTRA MITRA HOSPITAL BANJARMASIN

Suratin, Suratin (2024) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI ANTARA PENGGUNAAN ELECTRIC HEATER DUCT DAN DEHUMIDIFIER PORTABLE UNTUK MENDAPATKAN KELEMBABAN IDEAL PADA RUANG ALAT MEDIS CATHLAB DI CIPUTRA MITRA HOSPITAL BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (160kB)

Abstract

Ruang Cathlab merupakan ruangan yang digunakan untuk melakukan pelayanan kateterisasi jantung dan angiografi untuk menentukan diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah. Di dalam ruang cathlab terdapat alat yang digunakan untuk scanning X- ray yang menghasilkan radiasi pengion. Untuk menghasilkan gambar scanning X-ray yang baik maka alat harus selalu dalam kondisi laik pakai, salah satunya yang mempengaruhi kondisi alat adalah kondisi kelembaban ruangan. Dari hasil perhitungan pengukuran kelembaban dan daya listrik menggunakan electric heater duct yang mampu menurunkan kelembaban dengan nilai efektivitas 14,5 % dan jika menggunakan dehumidifier portable mampu menurunkan kelembaban dengan nilai efektivitas 14,8 % dengan selisih daya mencapai 66,1 %, maka penggunaan dehumidifier portable lebih efektif dan efisien untuk mendapatkan kelembaban ideal 40-60% sesuai standar Peraturan Menteri Kesehatan No.07/MENKES/SK/X/2019. Dari data hasil pengujian statistik dengan aplikasi SPSS menggunakan uji ANOVA diketahui bahwa distribusi dari 30 sampel yang diambil dengan hasil output pada uji anova nilai sig 0.000 < nilai Alpha 0,05, maka hipotesis Nol (H0) di tolak yaitu tidak ada hubungan antara penggunaan electric heater duct dan dehumidifier portable dengan kelembaban ideal sedangkan H1 diterima yaitu ada hubungan antara penggunaan electric heater duct dan dehumidifier portable dengan kelembaban ideal, sehingga dapat dinyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara penggunaan electric heater duct dan dehumidifier portable dengan kelembaban ideal pada ruangan cathlab Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dehumidifier, Electric Heater Duct, Efektivitas, Efisiensi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: Suratin
Date Deposited: 23 Mar 2024 02:47
Last Modified: 23 Mar 2024 02:47
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21745

Actions (login required)

View Item View Item