URGENSI SERTIPIKAT ELEKTRONIK SEBAGAI BUKTI HAK ATAS TANAH DI INDONESIA (KAJIAN PELAKSANAAN DI KANTOR PERTANAHAN KOTA BANJARBARU)

Nurhaliza, Tasya (2024) URGENSI SERTIPIKAT ELEKTRONIK SEBAGAI BUKTI HAK ATAS TANAH DI INDONESIA (KAJIAN PELAKSANAAN DI KANTOR PERTANAHAN KOTA BANJARBARU). Diploma thesis, universitas islam kalimantan MAB.

[img] Text
ori.pdf

Download (73kB)
[img] Text
upload.pdf

Download (220kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai PMNA/KPBN No 1/2021 dan kekuatan sertipikat elektronik sebagai alat bukti dalam penyelesaian perkara dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana kekuatan serta akibat hukum dari penggunaan alat bukti elektronik terkhususnya sertipikat elektronik sebagai alat bukti hak atas tanah di Indonesia serta bagaimana penerapannya pada Kantor Pertanahan Kota Banjabaru. Penelitian ini merupakan penelitian Yuridis Sosiologis yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan jalan terjun langsung ke objeknya. Populasi penelitian adalah para pejabat kantor pertanahan kota Banjarbaru. Teknik Pengumpulan bahan menggunakan wawancara langsung dalam mengumpulkan fakta sosial dan studi kepustakaan. . Menurut hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa: Sertipikat –el kekuatan hukumnya sama dengan sertipikat analog, baik sebagai dokumen tanda bukti hak maupun sebagai alat pembuktian di Pengadilan dalam rangka penegakan hukum. Hambatan dalam Implementasi PerMen ATR/BPN No 1/2021 Tentang Sertipikat Elektronik pada Badan Pertanahan Nasional dalam wawancara bersama narasumber menjelaskan bahwa hambatan seperti sarana dan pra sarana serta hambatan yang ada di dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sertipikat-el; Hak Atas Tanah; Pembuktian
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:55
Last Modified: 18 Mar 2024 01:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/21753

Actions (login required)

View Item View Item